Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Pengguna, dan Kemampuan Pengguna terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada PT. PLN (Persero) Area Jember

Authors

  • Ella Wahyu Ningtiyas Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Diyah Probowulan Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nina Martiana Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21664

Keywords:

Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Pengguna, Kemampuan Pengguna, Kinerja Sistem Informasi Akuntansi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecanggihan teknologi informasi, partisipasi pengguna, dan kemampuan pengguna terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada PT. PLN (Persero) area Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory (penjelasan). Populasi dalam penelitian ini adalah 35 karyawan bagian keuangan, sumberdaya manusia, administrasi, pemasaran, dan perencanaan di PT. PLN (Persero) Area Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan pengujian data yang dilakukan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kecanggihan teknologi informasi dan kemampuan pengguna berpengaruh positif terhadap kinerja sistem informasi, sedangkan partisipasi pengguna berpengaruh negatif terhadap kinerja sistem informasi akuntansi.

References

Acep Komara. 2005. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi., SNAVIII. Solo.

Azhar Susanto. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.

Baridwan. Zaki. 2000. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Ketiga. Penerbit BPFE. Yogyakarta

Bodnar, George H. dan William Hopwood S. 2000. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Bodnar, G. H. Dan W. S. Hopwood. (Amir Abadi Jusuf dan Rudi M. Tambunan, Penerjemah). 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Keenam. Jakarta: Salemba Empat

Edison, H. J,. Levine. R., Ricci, L., & Slok, T. 2002. International financial integration and economic growth. National Bureau of Economic Research Working Paper Series, No.9164.

Evi Saviana. 2017. Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, dan Pengetahuan Manajer Akuntansi pada Evektivitas Sistem Informasi Akuntansi. Skripsi S1 Akuntansi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ni Putu Alannita, I Gusti Ngurah Agung Suaryana. 2014. Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, dan Kemampuan Teknik Pemakai Sistem Informasi Akuntansi pada Kinerja Individu. E-Jurnal Akuntansi. Universitas Udayana.

Nugerahamawati, Astuti. 2013. Pengaruh Partisipasi Pemakai Sistem Informasi, Kemampuan Pemakai Sistem Informasi, Ukuran Organisasi Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi dengan Kompleksitas Tugas sebagai Variabel Moderating (Studi pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten). Universitas Pasunda. Bandung. Download http//www.google.com.

Downloads

Published

2019-11-30

Issue

Section

Articles