Pembelajaran PJOK pada Era New Normal di SMA dan SMK Se-Kecamatan Genteng Banyuwangi

Authors

  • Hendrawan Aji Mahasiswa
  • I Made Satyawan Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Yogi Parta Lesmana Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v6i1.58479

Keywords:

Pembelejaran, PJOK, Era New Normal.

Abstract

Proses pembelajaran PJOK yang selama ini berlangsung tanpa kendala, tiba-tiba dikejutkan oleh situasi pandemi yang mengubah berbagai tatanan dalam kehidupan manusia termasuk pelaksanaan pendidikan. Tepat pada bulan maret 2020 berbagai negara di dunia diguncang pandemi covid 19 (corona virus disease-19). Awal mula pertama kali muncul firus ini di kota wuhan cina, wabah yang terjadi pada firus ini penularanya terjadi dengan sangat cepat yang menyebar ke berbagai negara di dunia. Serangan virus tersebut berdampak pada penyelenggaraan pembelajaran di semua jenjang pendidikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui berbagai aturan yang harus ditaati. Pada tanggal 24 Maret 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran COVID-19.  Proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode survey dalam pengumpulan datanya. Dimana populasi penelitian ini adalah siswa SMA dan SMK di Kecamatan Genteng.  Data diperoleh dari suevey melalui google form. Hasil penelitian didapat bahwa implementasi pembelajaran PJOK pada era new normal di Kecamatan Genteng berada dalam kategori sedang.

References

Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal E-Learning, Vol.5(3).1.

Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 (ayat 1). Jakarta: Sekretariat Negara.

Putrantana, Angga Bramansta. 2017. “Pembentukan Karakter Siswa Sekolah

Puwanto, Agus dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal of Education, Psychology and Conseling. Volume 2. Nomor 1. ISSN Online : 2716-4446.

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. BIODIK, 5(2), 131-138.

Sadikin, A. D. (2020). Pembelajaran Daring ditengah wabah Covid-19. BIODIK, Jurnal Ilmu pendidikan Biologi , 214-224.

Sadikin, Ali. Afreni Hamidah., 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.

Saifuddin, M. Fuad. (2017). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal Varia Pendidikan, Vol. 29, No. 2 : 102-109.

Setyorini, I. (2020). Pandemi COVID-19 dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13?. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), 95-102.

Sugiran, dkk. (2016). Evaluasi Tutor Online untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Tutorial Tatap Muka pada Pendidikan Jarak Jauh. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence Vol. 2, No. 1.

Suherman, W.S. (2018). Kurikulum Pendidikan Jasmani dari Teori hingga Evaluasi Kurikulum. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sumantri, A. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

Utami, Y. P. (2020). Studi At Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) , 20-26.

Widodo, A. d. (2020). Problematika Pembelajaran daring dalam perspektif mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal) .

Wulandari, M.S. & Rahayu, N. (2010). Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas.

Downloads

Published

2024-07-09 — Updated on 2024-08-01

Versions

How to Cite

Aji, H., Satyawan, I. M. ., & Lesmana, K. Y. P. (2024). Pembelajaran PJOK pada Era New Normal di SMA dan SMK Se-Kecamatan Genteng Banyuwangi. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 6(1), 26–33. https://doi.org/10.23887/ijst.v6i1.58479 (Original work published July 9, 2024)

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)