Implemetasi Permainan Gawang Segitiga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Sepak Bola

Authors

  • I Made Adi Armawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Satyawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Sukarata Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artanayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Peby Gunarto Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.48445

Keywords:

Sepak bola, Permainan sepak bola gawang segitiga, Keterampilan sepak bola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar passing kaki bagian dalam permainan sepak bola melalui permainan gawang segitiga. Dalam permainan ini dibatasi pada teknik passing kaki bagian dalam. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dengan jumlah siswa 36 orang. Urutan kegiatan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Pengumpulan datanya menggunakan RPP, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskripsi presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata keterampilan passing kaki bagian dalam sebesar 76, peserta didik yang mendapat niai 68 KKM sebanyak 23 peserta didik 63%. Sedangkan pada siklus II rata-rata ketrampilan passing kaki bagian dalam sebesar 81, siswa yang mendapat nilai di atas 68 sebanyak 36 siswa atau 100%. Sehingga hal itu sudah memenuhi target, yaitu 68%. Hasil penelitian terdapat peningkatan dari beberapa indikator ketercapaian dalam setiap aspek, yaitu adanya peningkatan keaktifan siswa, kesungguhan dan keberanian siswa dalam mengikuti pembelajaran. Suasana pembelajaran siswa yang menyenangkan juga dapat memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran.

References

Anhar, & Irwan. (2017). Hubungan Kecepatan Lari dengan Keterampilan Menggiring Bola dalam Permainan Sepak Bola pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 1 Sape. Jurnal Pendidikan Olahraga, 7(1), 8–15.

Ardiawan, & Diari, P. Y. (2020). Penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 10–16.

Arpansyah, A., Sukasno, S., & Syafutra, W. (2022). Perbandingan antara Latihan Zig-Zag Run dan Shuttle Run Terhadap Kemampuan Dribbling pada Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Negeri 2 Lubuklinggau. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 5(2), 176–185. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i2.3611.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475.

Beavan, A. (2019). The Footbonaut as a new football-specific skills test: reproducibility and age-related differences in highly trained youth players. Science and Medicine in Football, 3(3), 177–182. https://doi.org/10.1080/24733938.2018.1548772.

Diplan, & Setyawan, D. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Elf Mcbride Menggunakan Teknik Hitung Cepat Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 52–61.

Ekawarna, E., Salam, M., & Anra, Y. (2021). Memilih Masalah Untuk Penelitian Tindakan Kelas: Bahan kajian untuk pelatihan Guru menyusun Laporan hasil PTK. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 52–62.

Erfayliana, Y., & Wati, O. K. (2021). Tingkat Keterampilan Dasar Bermain Sepak Bola Peserta Didik Kelas Atas Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 159–166. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.8119.

Firdaus, Bastiana, & Jenny. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dengan Menyusun Berbagai Bentuk Geometri di Kelompok B TK PUI 1 Dermayu Sindang Kab. Indramayu Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1).

Firdaus, F. M., & Badriyah, N. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya Betawi untuk Meningkatkan Logical Intelligence Siswa SD Islam Taman Qur’aniyah Jakarta Selatan. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 95. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.2727.

Hadi, F. S., Hariyanto, E., & Amiq, F. (2016). Pengaruh Latihan Ladder Drills Terhadap Peningkatan Kelincahan Siswa U-17 Di Persatuan Sepakbola Jajag Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(1), 213–228.

Hartati, Solahuddin, S., & Irawan, A. (2020). Latihan Kelincahan dan Keseimbangan untuk Meningkatkan Hasil Dribble Sepak Bola. Jurnal Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 1–8. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/altius/index.

Kristanto, I., & Suyanto, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievements Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO). Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Edisi, 21(2).

Mubarok, M. Z. (2019). Pengaruh Latihan Small Sided Games Mengunakan Metode Interval Terhadap Peningkatan Dribbling Pemain Sepak Bola. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 144–149. https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i02.513.

Mubarok, M. Z., Ginanjar, A., & Pramdhan, K. (2021). Pelatihan Kondisi Fisik Cabang Olahraga Sepak Bola Untuk Pelatih Kabupaten Indramayu. Journal Berkarya Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 86–94. https://doi.org/10.24036/jba.0302.2021.13.

Ni’mah, Z. A. (2017). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guru Antara Cita Dan Fakta. Realita, 15(2). https://doi.org/10.30762/realita.v15i2.480.

Nuryanta, H., & Wibowo, A. T. (2021). Penerapan Metode Pasing Kaki Bagian Dalam melalui Permainan Gawang Segitiga untuk Meningkatkan Kualitas Passing Ekstrakurikuler Sepakbola MTSN 6 Sleman. Jurnal Olympia, 3(1), 37–43. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v3i1.1439.

Pratama, M., Alnedral, Sin, T. H., & Soniawan, V. (2020). Metode Circuit Training Berpengaruh Terhadap Kemampuan Dribbling Sepak Bola. Jurnal Patriot, 2(3).

Rian. (2021). pengruh metode latihan passing give and go terhadap hasil akurasi passing kaki bagian dalam pada olahraga sepak bola siswa smp n 11 tapung. Jurnal Bola (Bersama Olahraga Laju Asia) Research and Learning Physical Education, 2, 84–91.

Rudi. (2020). Kontribusi Kelincahan dan Kecepatan Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pada Permainan Klub Langsat Permai FC Kabupaten Siak. Educative Sportive - EduSport, 1(2).

Saepullah, Habibah, L. N., & Dewi, L. P. (2019). Kaji Tindak Model Pembelajaran Cooperatif Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran PAI Materi Ikhlas, Sabar dan Pemaaf Siswa Kelas VII SMP Muara Ilmu Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Qiro’ah, 9(1).

Saputra, A., Nugraha, A., & Palmizal. (2022). Kemampuan Ketepatan Longpass Siswa Sekolah Sepak Bola Kota Jambi Longpass. Indonesion Journal of Sport Science and Coaching, 4(1).

Sulaeman, E., & Astriyani, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Mellaui Strategi Problem Based Learning Pada Kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Suparni. (2016). Profesionalisme Guru Matematika Dalam Merencanakan Pembelajaran Berbasis Kompetensi. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 2(1), 15. https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i1.399.

Udam, M. (2017). Pengaruh Latihan Shutlle-Run Dan Zig-Zag Terhadap Kemampuan Dribbling Bola Pada Siswa Sekolah Sepakbola ( SSB ) Imanuel Usia 13-15 Di Kabupaten Jayapura Melkianus Udam Program Pendidikan Magister Program Studi Pendidikan Olahraga Konsentrasi Pendidikan Ol. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 1–14.

Veri, J., Sefriani, R., & Aulia, L. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Client Server Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal KomtekInfo, 5(3), 61–71. https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v5i3.32.

Veri, J., Surmayanti, S., & Andini, S. (2020). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Iqra. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi), 7(2), 1–9. https://doi.org/10.35134/jpti.v7i2.28.

Vinando, M., Insanistyo, B., & Sutisyana, A. (2017). Analisis Kemampuan Short Pass Permainan Sepak Bola Peserta Ekstrakurikuler Sma Negeri 1 Curup Utara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 215–225.

Wahyudi, M., Akhbar, T., & Daryono. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1).

Widodo, A., & Noviardila, I. (2021). Hubungan Koordinasi Mata-Kaki Dan Kelincahan Dengan Kemampuan Menggiring Bola Pada Sekolah Sepakbola Bina Bintang Muda Kepri. Jurnal Bola, 4(1).

Wikanengsih, W., Nofiyanti, N., Ismayani, M., & Permana, I. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indoensia. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 106. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p106-119.170.

Downloads

Published

2022-06-23

How to Cite

Armawan, I. M. A., Satyawan, I. M. . ., Adnyana, I. K. S., Artanayasa, I. W. ., & Gunarto, P. (2022). Implemetasi Permainan Gawang Segitiga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Sepak Bola. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.48445

Issue

Section

Articles