Pengembangan Materi Tambahan Bagi Siswa Cepat Belajar Kelas 8 SMP

Penulis

  • Luh Rista Hardiantini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nitiasih Nitiasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Eka Dambayana Suputra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v21i2.60666

Kata Kunci:

materi tambahan, pengembangan materi, cepat belajar, pembelajaran campuran, sekolah menengah pertama

Abstrak

Siswa cepat di kelas membutuhkan berbagai kegiatan dalam pembelajaran. Mereka cepat dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi tambahan untuk pembelajar cepat pada siswa kelas VIII. Materi dikembangkan untuk memudahkan siswa dalam belajar. Selain itu, kegiatan ini merupakan kegiatan tambahan bagi para siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian D&D yang dikemukakan oleh Richey dan Klein (2007). Model ini memiliki empat tahap: analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap analisis, peneliti menganalisis dokumen terkait seperti buku dan silabus. Proses dilanjutkan dengan merancang cetak biru atau draf bahan pelengkap. Kemudian, pengembangan buku dimulai. Peneliti mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan pembelajar cepat. Terakhir, evaluasi dilakukan untuk mengetahui kualitas buku. Tiga juri ahli menilai buku tersebut, dan dua guru menilai buku tersebut. Rata-rata yang didapatkan dari juri ahli dan guru adalah 149. Sehingga buku yang dikembangkan dikategorikan sebagai “Bagus” oleh ahli dan guru. Selain itu, terdapat empat pengguna mengulas buku tersebut. Hasil rata-rata yang diperoleh adalah 46. Sehingga, menurut pengguna buku ini dikategorikan “Sangat Bagus”. Dari hasil tersebut, buku ini dapat digunakan untuk materi tambahan siswa cepat belajar

Referensi

Agustin, N. D., Rofi, S., & Mubarok, T. A. (2021). Developing Task-Based Writing Supplementary Material Of Descriptive Text Accompanied By Audio-Visual Media. Patria Educational Journal, I(4), 1–12.

Aminah, M. (2021). English Learning using Blended Learning and Missing Pieces Activities Methods. Jurnal Scientia, 10(1), 150–157. http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan/article/view/274/195.

Azizah, D. M. (2019). Environment-Based Supplementary Reading Materials for Junior High School Students. Journal of Interdisciplinary Studies in Education, 8(1), 158–174.

Djuwita, D., Nasrullah, R., & Faridawati, F. (2022). Students’ Perception of The Implementation of Blended Learning at Junior High School. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 3(2), 57–67. https://doi.org/10.51454/jpp.v3i2.469.

Hindal, H., & Reid, N. (2016). High Ability and Learner Characteristics. International Journal of Instruction, 6(1).

Krish, P., Hussin, S., & Sivapuniam, N. (2010). Learner diversity among ESL learners in the online forum. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7(C), 92–96. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.014.

Li, Li̇. M. Z. (2021). A comparison study of english vocabulary learning. International Journal of English Language and Linguistics Research, 9(5), 57–68.

Makrifah, I. A., & Widiarini, W. (2019). Pengembangan Materi Ajar Bahasa Inggris Berbasis Project Based Learning untuk Siswa Jurusan Usaha Perjalanan Wisata. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 388. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i3.357.

Menggo, S., & Darong, H. C. (2022). Blended learning in ESL/EFL class. LLT Journal: A Journal on Language and Language Learning, 25(1), 132–148. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT

Nurfadhillah, S., Anjani, A., Devianti, E., Nursiah, Suci Ramadhanty, N., & Amalia Mufidah, R. (2021). Lamban Belajar (Slow Learner) dan Cepat Belajar (Fast Learner). PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 416–426. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa.

Nurliana. (2019). Developing a Model of Supplementary English Materials Based on Local Content. Journal of English Language Studies, 4(1), 86–100.

Puspita, A. R., Sada, C., Training, T., & Faculty, E. (2017). Vocabulary Development for Year-7. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–13.

Rachman, L. A., Sudiyono, S., & Phonix, E. (2021). the Blended Learning Implementation of Elt Based on Teachers and Students’ Perspective in New Normal Condition of Covid 19. PROJECT (Professional Journal of English Education), 4(3), 457. https://doi.org/10.22460/project.v4i3.p457-468.

Raudah, Hengki, & Ratna. (2020). Developing English Reading Material for Eighth Grade Students of SMP Negri 2 Martapura Timur. International Conference On Social Sciences & Humanity, Economics, And Politics, 2020, 187–198.

Reddy, R. S. (2013). Supplementary Materials to Enhance Language Skills of Learners. International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research, 2(9), 143–150.

Rita Richey, & James Klein. (2007). Developmental research methods: Creating knowledge from instructional design and development practice. Routledge.

Rohimajaya, N. A., Sudirman, A., Hamer, W., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Developing English Materials for the Students of Information System Department at Technology and Information Faculty , Mathla ’ ul Anwar University Banten. Journal of Language and Literature, 15(4), 241–248.

Varghese, S. S., & Aneesa, N. (2021). Teaching Slow Learners and Fast Learners Sepreatly In Small Group Teaching In Dental School-Students Perception. International Journal of Dentistry and Oral Science, 08(03), 2025–2030.

Wagiono, F., Shaddiq, S., & Junaidi, F. (2021). Implementation of Blended Learning During COVID-19 Pandemic on Civic Education Subjects in Millenial Generation Era. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.51276/edu.v3i1.213.

Diterbitkan

2023-09-30

Terbitan

Bagian

Articles