PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI TEKNIK DASAR PASSING DAN DRIBBLING BOLA BASKET
DOI:
https://doi.org/10.23887/ika.v21i2.69855Kata Kunci:
pengembangan, media pembelajaran, e-modulAbstrak
Penelitian ini mengembangkan e-modul berbasis flipbook pada teknik dasar passing dan dribbling bola basket untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sawan. Penelitian ini merancang, mengukur validitas, dan menganalisis tanggapan peserta terhadap e-modul tersebut. Metode pengembangan ADDIE digunakan dengan validasi dari ahli materi, desain, media, uji praktek lapangan, dan uji coba perorangan. Hasil respons dari guru dan peserta didik menunjukkan tingkat respon yang positif dalam berbagai uji coba. Respon guru PJOK mencapai 92% dengan saran meningkatkan kualitas warna dan gambar kartun. Respon uji perorangan mencapai 76% dengan masukan untuk meningkatkan ketajaman gambar. Respon uji kelompok kecil mencapai 85% dengan rekomendasi peningkatan ketajaman gambar dan animasi transisi. Respon uji kelompok besar mencapai 80% dengan saran meningkatkan kejelasan tulisan. Secara keseluruhan, e-modul flipbook mendapatkan respon positif dari guru dan peserta didik, menunjukkan potensi untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran meskipun beberapa saran perbaikan diberikan.
Referensi
Siregar, R. (2017). Sumber Daya Manusia Dalam Pembangunan Nasional. Prosiding Seminar
Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 381. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30860
Anna, T. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada
Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Teknik Sipil doi: 10.21009/jpensil.v9i1.11987 fatcat:327fg6wtnfad3foenrmzfg43ei
Wahyuni, D., Sari, M., & Hurriyah. (2020). Efektifitas e-Modul Berbasis Problem Solving
Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 182. doi: 10.15548/nsc.v6i2.1709
Nita, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran
Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5. doi: 10.21831/jitp.v5i2.15424
Fausih, D. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan
"Instalasi Jaringan (Local Area Network)" Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Pendidikan, 3. https://fotografi-tp.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10375/0
Dewanto, A. M., & Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan
Spritual Terhadap Sikap Etis Dan Prestasi Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Perguruan Tinggi Di Kota Pekalongan). Jurnal Pendidikan, 7. https://dx.doi.org/10.31941/jurnalpena.v23i1.72
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian
Pendidikan Dengan ADDIE Model. Pengembangan Bahan Ajar, 12-16. ISSN 1829-5282
Adawiyah, F. (2011). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di
Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 75. doi: 10.37304/paris.v2i1.3316
Destianasari, E., Amizera, S., & Arifin, Z. (2021). Validasi Terhadap Kelayakan Produk
Virtual Laboratorium Pada Pembelajaran Praktikum Materi Pencemaran Air. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajaran, 30. https://doi.org/10.36706/fpbio.v8i1.14314
Siamy, L., Farida, & Syazali, M. (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia
Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Matematika, 115. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1919
Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2022). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan
Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 139. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1217
Yudianto, M. N. (2007). Jaringan Komputer dan Pengertiannya. Ilmu Komputer, 7.
Novra, Y., Ricky, Z., & Asmara, D. N. (2021). Pengembangan Model Latihan Kelincahan
Dan Kekuatan Dalam Permainan Sepak Bola [Development Of An Agility Training Model Power In The Football Game]. Jurnal Penjaskesrek, 245. https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/1633/1297
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran
Dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan dan Sains, 246.