PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PUKULAN DRIVE TENIS MEJA

Penulis

  • Ni Putu Dwi Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artanayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Spanayawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v21i2.69874

Kata Kunci:

drive tenis meja, model pembelajaran kooperatif, STAD, TGT

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Students Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar drive tenis meja, pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar drive tenis meja, perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar drive tenis meja, dan perbedaan pengaruh model pembelajaran STAD dan TGT terhadap hasil belajar drive tenis meja. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-test – post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan Rekreasi Universitas Pendidikan Ganesha. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V yang mengambil matakuliah TP. Pembelajaran Tenis Meja yang berjumlah 56 orang yang terbagi ke dalam 3 kelas. Kelas A sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran TGT, kelas B sebagai kelas kontrol dnegan perlakuan model pembelajaran konvensional dan kelas C sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran TGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar drive tenis meja, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT terhadap hasil belajar drive tenis meja, terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar drive tenis meja, dan tidak terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif STAD dengan model pembelajaran TGT.

Referensi

Abriani, Faridha. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 2 Bantaeng. Tersedia pada http://ojs.unm.ac.id/index.php/chemica/article/view/782 diakses pada tanggal 1 Pebruari 2019.

Aditama, Z. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Teams-Achievement Division) terhadap Hasil Belajar Ketepatan Service Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(1).

Aka, K. A. (2016). Komparasi Penerapan Model STAD dan TGT terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa (Studi pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran PKN di SDN Bendo 1, Kec. Pare, Kab. Kediri). Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 103-111.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Atmaja dan Tomoliyus. 2015. Pengembangan Instrumen Kemampuan Ketepatan Forehand Backhand Drive dalam Permainan Tenis Meja. Tersedia pada https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/4969/4611 diakses pada tanggal 1 Pebruari 2019.

Buchari. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Fatahillah, Gilang dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepakbola. Tersedia pada http://ejournal.upi.edu/index.php/SpoRTIVE/article/view/13369 diakses pada tanggal 1 Pebruari 2019.

Hendrawan, Kahan Tony. 2017. Pengaruh Metode TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Forehand Drive pada Mahasiswa Angkatan 2012-D Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan STKIP PGRI Jombang. Tersedia pada http://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/article/view/287 diakses pada tanggal 1 Pebruari 2019.

Lubis, A. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X SMA Swasta UISU Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 27-32.

Nur, M. dan Wikandari, P.R. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: PSMS Program Pascasarjana Unesa.

Pranata, Edho dan Widiastuti. 2018. Model Latihan Drive Tenis Meja Kategori Pemula Untuk Klub. Tersedia pada http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/segar/article/view/9200/6137 diakses pada tanggal 1 Pebruari 2019.

Purnamasari, Yanti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games-Tournament (TGT) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Masters thesis, Universitas Terbuka. Tersedia pada http://repository.ut.ac.id/1022/ diakses pada tanggal 20 Oktober 2019.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sari, L. A. (2010). Pengaruh Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) Dan STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMA (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik terjemahan Lita. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Suharta, Gusti dan Ardana, Made. 2006. “Jenis-Jenis Model Pembelajaran,” makalah disajikan dalam Penataran Dosen Muda Pola 90 Jam, Singaraja, 3 September 2006.

Sunilawati, N. M., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3(1).

Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Terbitan

Bagian

Articles