Efektivitas Teori Konseling Perilaku dengan Teknik Self Management dalam Meningkatkan Prestasi Pribadi dan Ketahanan Diri pada Siswa Kelas VII MTS Mardlatillah Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/ika.v22i1.77193Kata Kunci:
konseling behavior, teknik self manajement, pribadi achievement, pribadi defferenceAbstrak
Pribadi achievement merupakan unsur kepribadian yang sangat penting untuk mendorong siswa dalam memiliki kebutuhan berprestasi dalam menghadapi tantangan, sedangkan pribadi defference merupakan kebutuhan untuk mengambil posisi mengalah dan toleran untuk menjaga keseimbangan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menguji efektifitas teori konseling Behavior teknik self management dalam meningkatkan pribadi achievement di MTs Mardlatillah Singaraja dan (2) menguji efektifitas teori konseling Behavior teknik self management dalam meningkatkan pribadi defference di MTs Mardlatillah Singaraja. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi Penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di Mts Mardlatillah yang berjumlah 90 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling dan random class sebagai intact group. Oleh karena itu, berdasarkan hasil undian diperoleh kelas VII A dan VII C sebagai sampel penelitian. Uji statistik menggunakan uji-t untuk mengetahui efektifitas treatment yang telah dilakukan. H0 ditolak jika thitung > ttabel. H0 diterima jika thitung ≤ ttabel. Uji hipotesis H1. Berdasarkan uji t-test diperoleh thitung sebesar 1,851 sementara ttabel dengan db N-1 = 30 – 1 = 29 dan taraf signifikan 5% (0,05) sebesar 1,699. Uji hipotesis H2 diperoleh thitung sebesar 1,880 sementara ttabel dengan db N-1 = 30 – 1 = 29 dan taraf signifikan 5% (0,05) sebesar 1,699. Hasil thitung > ttabel maka dapat disimpulkan H0 ditolak, H1 dan H2 diterima.
Referensi
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2023). Kerja Terbaik. KBBI VI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.
Corey, (1986). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alpabeta.
Corey, G. (2007). Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.
Dantes, N. (2012). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Dharsana. (2023). Pengembangan Pribadi Konselor Dalam Teori dan Praktik Konseling. Singaraja: Undiksha.
Departemen Pendidikan Nasional (2014) Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan ke delapan Belas Edisi IV. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. https://kbbi.web.id/disiplin.
Erna Agustina Yudiati dan Esthi Rahayu. (2018). ANALISIS KEBUTUHAN DAN PROFIL KEPRIBADIAN PADA ORANG-ORANG PENGIDAP HIV/AIDS (Tinjauan Dari Edward Personality Preference Schedule). Psikodimensia, Vol. 17 | No. 1 | Tahun 2018. https://journal.unika.ac.id/index.php/psi/issue/archive.
Kartini Kartono. (1996). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.
Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Mardikarini, S., & Putri, L. C. K. (2020). Pemantauan kedisiplinan siswa melalui penetapan indikator perilaku disiplin siswa kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30-37. https://www.academia.edu/download/68382083/kontekstual.pdf.
Permana, A. A. G. W., Dharsana, M. P. P. I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Latihan Bertanggung Jawab untuk Meningkatkan Disiplin Belajar pada Siswa Kelas VIII B2 SMP N 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).
Putra, H. M. (2020). Perilaku kedisiplinan siswa dilihat dari etika belajar di dalam kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).
Rahayu, E. (2018). Analisis kebutuhan dan profil kepribadian pada orang-orang pengidap HIV/AIDS (Tinjauan dari Edward Personality Preference Schedule). PSIKODIMENSIA, 17(1),43-53. http://journal.unika.ac.id/index.php/psi/article/view/1071.
Rosjidan. (1994). Pengantar Teori – Teori Konseling. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikti.
Sari, Erita Yuliasesti Diah. (2021). Mengenal Tes Kepribadian Non Proyektif. Jakarta: UM Jakarta Press.
Sari, U., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2016). Efektivitas Model Konseling Kognitif Behavioral Dengan Strategi Self-Instruction Dan Self-Management Terhadap Peningkatan Self Exhibition Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 4(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIBK/article/view/6979.
Suastari, N. P. N., Dantes, N., & Dharsana, I. K. (2021). Pengembangan Panduan Model Konseling Behavioral Untuk Meningkatkan Self Management Pada Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 6(1), 15-22. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/580.
Sugiono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Bandung: Alfa Beta.
Sukayasa, Suranata dan Dharsana. (2014). Penerapan Teori Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Manajement Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI C AP SMK Negeri 1 Singaraja. https://www.neliti.com/publications/246417/penerapan-teori-konseling-behavioral-dengan-teknik-self-management. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Volume: 2 No 1, Tahun 2014
Sukadji, S. (1983). Modifikasi Perilaku : penerapan sehari-hari dan penerapan profesional. Yogyakarta:Liberti.
Sutama, G. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIBK/article/view/3960.