Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dengan Tingkat Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Tri Indro Afianty Benu Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Paskah Ika Nugroho Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.32829

Abstract

This research was conducted to find out how in the influence of emotional intelligence and learning motivation on learning achievement with the level of understanding of accounting as an intervening variable. In this study the type of data used is primary data, data obtained using a questionnaire as a research instrument which is then distributed to 75 respondents. In this case the respondents are accounting student class of 2017, 2018, and 2019, Faculty of Economics and Business, Satya Wacana Christian University. This research uses quantitative methods in the form of survey. The results obtained from this emotional intelligence has a negative effect on learning achievement, emotional intelligence has a positive influence on the level of accounting understanding, learning motivation has a positive influence on learning achievement, learning motivation has a positive influence on the level of accounting understanding, the level of accounting understanding has a negative effect on learning achievement, learning motivation has a negative influence on learning achievement with the level of understanding accounting as an intervening variable, emotional intelligence has a negative effect on learning achievement with the level of understanding accounting as an intervening variable.

Author Biographies

Tri Indro Afianty Benu, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana

Akuntansi

Paskah Ika Nugroho, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana

Akuntansi

References

Apriandi, R. F. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Motivasi terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Akuntansi Jambi. https://core.ac.uk/download/pdf/233183672.pdf

Aulia, A., & Subowo. (2016). Pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi, dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 346–362.

Chrisna, H., & Khairani. (2019). Pengaruh Perilaku Belajar, Pengendalian Diri, Motivasi, Empati, Keterampilan, dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PRODI Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 10(1), 87–100.

Fitriani, A., & Otok, B. widjanarko. (2013). Pengembangan Indikator dan Penentuan Rumah Tangga Miskin Dipropinsi Jawa Timur Menggunakan Spatial Structural Equation Modeling. Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 84. https://doi.org/10.12962/j23373520.v2i1.3187

Fitrio, T., Utami, S., Sobar, M., & Rizkia, F. (2019). Pengaruh Spritualitas dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STIE-Indragiri Rengat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Dan Bisnis, 02(01), 13–23.

Hutahahean, M. U. B. (2015). Pengaruh Gender, Regigiusitas dan Prestasi Belajar terhadap Perilaku Etis Akuntan Masa Depan (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah DKI Jakarta). E-Journal Akuntansi Trisakti, 2(1), 49–66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25105/jat.v2i1.4831

Janti, S. (2014). Analisis Validitas dan Reabilitas dengan Skala Likert terhadap Pengembangan SI/TI dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning pada Industri Garmen. Snast, November, 211–216.

Lestari, N. P. S. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1(1), 1–16.

Mutia, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa ( Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Kota Padang ). Jurnal WRA, 3(2), 639–654. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/wra.v3i2.6165

Novianto, G., & Subkhan. (2015). Pengaruh Minat, Motif Berprestasi dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Subah Tahun Pelajar 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 440–452.

Novita, D. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Numerik terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal SAP, 2(1), 43–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v2i1.1251

Nugrahadi, W., & Rizki, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 8(September), 1–18.

Palgunadi, A. P., & Rohayati, S. (2014). Pengaruh Hasil Belajar Matematika, Ekonomi dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya, 1–7.

Parauba, I. (2014). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar terhadap Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam ratulangi Manado. 9(2), 53–67. https://doi.org/https://doi.org/10.32400/gc.9.2.5059.2014

Permana, A. (2016). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa terhadap Kemampuan Belajar Ilmu Alamiah Dasar. Jurnal Formatif, 6(3), 276–283. https://core.ac.uk/download/pdf/233183672.pdf

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, www.hukumonline.com 1 (2012). https://unasman.ac.id/download/UU-12-THN-2012-TENTANG-PENDIDIKAN-TINGGI(1).pdf

Rimbano, D., & Putri, E. S. M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 15(1), 988.

Rokhana, L. A., & Sutrisno, S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNTAG Semarang) Linda. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 26–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24856/mem.v31i1.282

Sari, R. N., Santoso, S., & Hamidi, N. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Tata Arta UNS, 1(2), 294–312. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/6741/4606

Satria, M. R., & Fatmawati, A. P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Bandung. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 66–80. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2022

Setyorini, D., & Syahlani, A. (2019). Analisis Jalur (Path Analysis) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(02), 177–193. https://doi.org/https://doi.org/10.36406/jam.v16i02.241

Sunarti, I. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Efikasi diri dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNIKU. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15(2), 16–33. https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.Abstract

Suprianto, E., & Harryoga, S. (2016). Faktor-Faktor Penentu Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(3), 75. https://doi.org/10.24914/jeb.v18i3.281

Wibowo, N. C., & Sutanto, E. M. (2013). Pengaruh Kualitas Leader Member Exchange (LMX) terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional Pada PT Nutrifood Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Agora), 1(1), 1–10.

Wiyono, M. W. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Journal of the Royal Society of Medicine, 2(2), 1364–1365. https://doi.org/10.1177/003591573402701034

Yulika, R. (UIN A. M. (2019). 252 Pengaruh Kecerdasan Emosi…. Journal Uin Aluddin Makassar, 252–270. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.7838

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Benu, T. I. A., & Nugroho, P. I. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dengan Tingkat Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(1), 224–229. https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.32829

Issue

Section

Articles