Konstruksi Pembelajaran Sejarah Kontekstual Melalui Pendekatan Regresif Model Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.23887/jcs.v3i1.33918Keywords:
Pendekatan regresif, problem based learning, sejarah kontekstualAbstract
Pembelajaran sejarah selama ini belum melatih kemampuan berpikir kritis-analitis, kemadirian dan kemampuan menyelesaikan permasalahan kontekstual yang ada di sekitar siswa. Cukup banyak kelemahan dan kekurangan pelajaran dan pembelajaran sejarah yang dilakukan dan disajikan selama ini. Diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang mampu mengintegrasikan kemampuan berpikir kritis-analitis dalam penyelesaian masalah yang bersifat kontekstual. Pembelajaran sejarah yang biasanya dilakukan secara progresif kini dapat dilakukan dengan pendekatan regresif. Pendekatan regresif yang diterapkan dengan model Problem Based Learning secara ideal dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan kontekstualitas peristiwa. Perancangan desain pembelajaran sejarah dengan pendekatan regresif dengan model PBL diawali dengan penyusunan rencana pembelajaran, penyusunan materi ajar, dilanjutkan dengan perancangan kegiatan pembelajaran berbasis masalah (PBL), dan diakhiri dengan penilaian otentik. Pada dasarnya guru dituntut harus lebih kreatif dan adaptif dalam menyajikan pembelajaran agar pembelajaran sejarah.References
Amboro, K. (2019). Kontekstualisasi Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Sejarah. Yupa : Historical Studies Journal .
Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 SMA: Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan. Jakarta: Dikti Dirjen PDM-DPMU.
Dowling, S. (2020, April 24). How global outbreaks are contained. Retrieved Desember 25, 2020, from BBC: https://www.bbc.com/future/article/20200422-how-disease-outbreaks-are-contained
Harriyadi. (2020, Oktober 22). Balai Arkeologi Nasional. Retrieved Maret 3, 2021, from Wabah Penyakit dalam Catatan Sejarah di Indonesia: http://arkenas.kemdikbud.go.id/contents/read/ article/67ihzv_1586426994/wabah-penyakit-dalam-catatan-sejarah-di-indonesia#gsc.tab=0
Isjoni. (2007). Pembelajaran Sejarah pada Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Janti, N. (. (2020, April 11). Penerjunan Tenaga Medis pada Wabah di Hindia Belanda. Retrieved Juni 6, 2020, from Historia.id: https://historia.id/sains/articles/penerjunan-tenaga-medis-pada-wabah-di-hindia-belanda-Pzdk0
Nugraheny, D. E. (2020, April 1). Update per 31 Maret: 1.528 Kasus Covid-19, Masyarakat Diajak Saling Beri Edukasi. Retrieved Desember 26, 2020, from Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2020/04/01/06293531/update-per-31-maret-1528-kasus-covid-19-masyarakat-diajak-saling-beri
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ADALAH : Buletin Hukum dan Keadilan, 49-56.
Putri, R. H. (2020, Pebruari 15). Wabah-Wabah Penyakit Pembunuh Massal. Retrieved Juli 22, 2020, from Historia.id: https://historia.id/sains/articles/wabah-wabah-penyakit-pembunuh-massal-P7eL5
Ridhoi, M. A. (2020, Maret 25). Sejarah Pandemi dan Epidemi di Dunia yang Memicu Gejolak Politik. Retrieved Desember 26, 2020, from Kata Data: https://katadata.co.id/berita/2020/03/25/sejarah-pandemi-dan-epidemi-di-dunia-yang-memicu-gejolak-politik
Supriatna, N. (2019). Pengembangan Kreativitas Imajinatif Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Sejarah. Historia : Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 73-82.
Swantoro, P. (2016). Masa Lalu Selalu Aktual. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Vinco, M. (2018). Kontekstualisasi Kehidupan Masa Praaksara di Indonesia: Analisis Buku Teks Pembelajaran Sejarah. Historia : Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 105-114.
Widja, I. (1989). Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud Dikti PPLPTK.
Widja, I. (2002). Menuju Wajah Baru Pendidikan Sejarah. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama.
Wisnu, & SN4JPSFISUNP2019. (2019). Penguatan Pembelajaran Sejarah di Era Disrupsi (Rekonstruksi Pembelajaran Sejarah Regresi). OSF, https://doi.org/10.17605/OSF.IO/EDGAZ.