Amalgamasi Dan Restrukturisasi Hindu-Buddha Dalam Kekawin Sutasoma

Authors

  • I Wayan Suarsana Dharmana SMK N 1 Tampaksiring

DOI:

https://doi.org/10.23887/jcs.v3i1.33921

Keywords:

Sutasoma, amalgamasi, restrukturisasi

Abstract

Kekawin Sutasoma menceritakan perjalanan Sang Sutasoma yang digubah oleh Rakawi Mpu Tantular pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit. Artikel ini mengkaji tentang struktur teks kekawin Sutasoma, sinopsis kekawin Sutasoma, amalgamasi dan restrukturisai Hindu (Siwa) Buddha pada kekawin Sutasoma.  Nilai terpenting yang terdapat dalam Sutasoma adalah ajaran untuk mencari intisari dari sebuah ajaran agama, dan menganggap agama Siwa dan Buddha yang kurun waktu itu berkembang di Majapahit memiliki intisari yang sama, sehingga dapat dijadikan acuan dalam memandang sebuah perbedaan agama hanya pada kulitnya saja, sedangkan intinya sama (persamaan dalam perbedaan). Sehingga pada masa Majapahit toleransi antarumat beragama terjaga dengan baik dan berpuncak pada masa keemasan Majapahit. Sutasoma melahirkan sesanti Bhinneka Tunggal Ika, sebuah mahakarya filosofi adiluhung dari Jawa Kuno yang masih sangat relevan dijadikan acuan dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara.

References

Linggih, I Nyoman. 2013. Siwa Buddha di Pura Pegulingan. Dalam Jurnal Forum Arkeologi, Volume 28 nomor 2 hal 89-102.

Munandar, Agus Aris. 2005. Peran Penting Data dalam Karya Sastra Jawa Kuno dalam Kajian Hindu Buddha : Candi Pedharmaan (Abad ke-13 – 15). Jakarta : Makalah Seminar Naskah Kuno Nusantara sebagai Warisan Bernilai Luhur.

Noor Syam. Mohammad, 2000, Penjabaran Filsafat Pancasila dalam Filsafat Hukum, Cet. II, .Malang : Universitas Negeri Malang

Palgunadhi, I Gusti Putu. 2013 Perkembangan Siwa Buddha di Indonesia (Pendekatan Sejarah). Denpasar : Makalah (tidak diterbitkan) disampaikan dalam rembug sastra di Pura Agung Jagatnatha.

Rema, I Nyoman. 2012. Dewa Tertinggi Siwa Buddha : Studi Etno Arkeologi, dalam Jurnal Forum Arkeologi 25 Nomor 1 hal 81 - 94

Saputra, I Made Dian dan I Nyoman Suarka. 2018. Sinkretisme Siwa Buddha dalam Lontar Candra Bhairawa. Dalam Jurnal Kajian Bali Volume 08, nomor 01 hal 201-214.

Setyarini, Indah Turita. 2011. Meniti Sinkretisme Teks Tantu Panggelaran. Dalam Jurnal Kawistara Volume 1 Nomor 2 hal 103-212.

Suci, Ni Made. 1986. Pendidikan Agama Hindu Dalam Geguritan Jayaprana

Layonsari. Skripsi tidak diterbitkan, Denpasar : Institut Agama Hindu.

Warna, I Wayan, Dkk. 2013. Sutasoma ( Terjemahan). Denpasar : Dinas Pendidikan Dasar Provinsi Bali.

Zoetmulder, P.J. 1983. Kalangwan : Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang. Jakarta : Djambatan.

https://tirto.id/menilik-laku-intoleran-di-kalangan-siswa-dan-mahasiswa-f7xs diakses pada 28 Pebruari 2021

Issue

Section

Articles