Pengelompokan Dan Klasifikasi Pada Data Hepatitis Dengan Menggunakan Support Vector Machine (SVM), Classification And Regression Tree (Cart) Dan Regresi Logistik Biner
DOI:
https://doi.org/10.23887/jere.v1i3.12016Abstract
Hepatitis adalah peradangan pada hati karena toxin, seperti kimia atauobat ataupun agen penyebab infeksi. Hepatitis yang berlangsung kurang dari 6 bulan disebut "hepatitis akut", hepatitis yang berlangsung lebih dari 6 bulan disebut "hepatitis kronis".Hepatitis biasanya terjadi karena virus, terutama salah satu dari kelima virus hepatitis, yaitu A, B, C, D atau E. Hepatitis juga bisa terjadi karena infeksi virus lainnya, seperti mononukleosis infeksiosa, demam kuning dan infeksi sitomegalovirus. Penyebab hepatitis non-virus yang utama adalah alkohol dan obat-obatan.Dalam penelitian ini dilakukan tes terhadap 155 pasien dengan respon meninggal atau hidup. Untuk itu penerapan Data Mining akan dilakukan pada kasus diatas, memanfaatkan salah satu teknik yaitu Data Classification, sejumlah data testing yang tersedia akan di analisis serta dibandingkan dengan data training untuk dilakukan prediksi meninggal atau hidup.Hasil ketepatan klasifikasi antara data training dengan data testing dengan analisis regresi logistik adalah 79,4% sedangkan dengan menggunakan SVM diperoleh sebesar 80%. Pengelompokan dengan menggunakan K-Means dan Kernel K-Means menghasilkan ketepatan pengelompokan yang berbeda. Ini menunjukkan bahwa data hepatitis memiliki pengelompokan yang baik. Kemudian hasil pengelompokan pada Kernel K-Means dibandingkan dengan data aktual yang diklasifikasikan dengan menggunakan regresi logistik, SVM dan CART dimana dihasilkan bahwa data hasil dari Kernel K-Means memiliki ketepatan klasifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan hasil klasifikasi pada data aktual.Downloads
Published
2017-08-30
How to Cite
Suwardika, G. (2017). Pengelompokan Dan Klasifikasi Pada Data Hepatitis Dengan Menggunakan Support Vector Machine (SVM), Classification And Regression Tree (Cart) Dan Regresi Logistik Biner. Journal of Education Research and Evaluation, 1(3), 183–191. https://doi.org/10.23887/jere.v1i3.12016
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)