ANALISIS PELAKSANAAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR MENGACU STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI WILAYAH PESISIR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12097Keywords:
Standar Pengelolaan Pendidikan, Sekolah Dasar, Wilayah PesisirAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan dan menganalisis kesesuaian pengelolaan pendidikan sekolah dasar berdasarkan standar nasional pendidikan di Wilayah Pesisir Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survey. yang menjadi subjek penelitian ini adalah 3 Sekolah dasar di wilayah Tarakan bagian pesisir. Hasil yang didapatkan yaitu Aspek pengelolaan pendidikan di sekolah dasar wilayah pesisir mencakup 49 aspek, diantaranya aspek perencanaan program, pelaksanaan rencana kerja, Pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, sistem informasi manajemen dan penilaian khusus. Persentase kesesuaian pengelolaan sekolah mengacu pada peraturan pemerintah No 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan yaitu untuk daerah pesisir sebesar 92%. Aspek yang belum sesuai yaitu yaitu dalam hal pemenuhan kualitas layanan dan peserta didik, kepemimpinan sekolah yang masih belum optimal serta pengelolaan sistem informasi manajemen masih belum maksimal, penyediaan sistem informasi dan komunikasi belum maksimal dan memadai.
References
Dahuri R, Rais Y, Putra SG, Sitepu, M.J. 2011. Pengelolaan Sumber daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Nomor 19, Tahun 2007, Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan
Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-undang Republik indonesia Nomor 20,Tahun 2003, Tentang Sistem pendidikan nasional
Yulianto. 2011. Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Di Kawasan Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil.Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)