ANALISIS PELAKSANAAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR MENGACU STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI WILAYAH PESISIR

Authors

  • Muhsinah Annisa Borneo Tarakan University

DOI:

https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12097

Keywords:

Standar Pengelolaan Pendidikan, Sekolah Dasar, Wilayah Pesisir

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan dan menganalisis kesesuaian pengelolaan pendidikan sekolah dasar berdasarkan standar nasional pendidikan di Wilayah Pesisir Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survey. yang menjadi subjek penelitian ini adalah 3 Sekolah dasar di wilayah Tarakan bagian pesisir. Hasil yang didapatkan yaitu Aspek pengelolaan pendidikan di sekolah dasar  wilayah pesisir mencakup 49 aspek, diantaranya aspek perencanaan program, pelaksanaan rencana kerja, Pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, sistem informasi manajemen dan penilaian khusus. Persentase kesesuaian pengelolaan sekolah mengacu pada peraturan pemerintah No 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan yaitu untuk daerah pesisir sebesar 92%. Aspek yang belum sesuai yaitu yaitu dalam hal  pemenuhan kualitas layanan dan peserta didik, kepemimpinan sekolah yang masih belum optimal serta pengelolaan sistem informasi manajemen masih belum maksimal, penyediaan sistem informasi dan komunikasi belum maksimal dan memadai.

References

Dahuri R, Rais Y, Putra SG, Sitepu, M.J. 2011. Pengelolaan Sumber daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Nomor 19, Tahun 2007, Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan

Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang Republik indonesia Nomor 20,Tahun 2003, Tentang Sistem pendidikan nasional

Yulianto. 2011. Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Di Kawasan Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil.Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto

Downloads

Published

2017-12-06

Issue

Section

Articles