STUDI EVALUASI EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN STMIK STIKOM INDONESIA

Authors

  • i made dedy setiawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12477

Keywords:

Evaluasi, Efektivitas, Pengelolaan perpustakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis masalah efektifitas pengelolaan perpustakaan di perpustakaan STMIK STIKOM Indonesia ditinjau dari segi Context, Input, Process, dan Product, serta kendala-kendala yang dihadapi selama pelaksanaan program dan yang mungkin terjadi jika program dilanjutkan. Penelitian ini akan dilakukan di Perpustakaan STMIK STIKOM Indonesia dengan melibatkan ketua STIKI, pustakawan, dosen, dan mahasiswa. Penentuan responden ditunjuk secara stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian ex post facto, dan data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif-kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan formula T skor yang selanjutnya dikonversi ke dalam Kuadran Glickmann. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen konteks, input, proses, dan produk menghasilkan kategori positif (+ + + +) yang masuk ke dalam kuadran I (sangat efektif). Pada komponen konteks, input, dan proses terdapat kendala kurang efektif pada responden kepala perpustakaan dan pustakawan, sedangkan pada komponen produk tidak ditemukan kendala.

     

Downloads

Published

2017-12-06

How to Cite

setiawan, i made dedy. (2017). STUDI EVALUASI EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN STMIK STIKOM INDONESIA. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 247–254. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12477

Issue

Section

Articles