Pengaruh Senam SKJ 2008 Terhadap Kebugaran Jasmani Siswi Sekolah Dasar Negeri 20 Alang Laweh Padang Selatan Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.23887/jere.v1i3.11694Keywords:
Senam SKJ 2008, Tingkat Kebugaran Jasmani Siswi Sekolah DasarAbstract
Pendidikan jasmani merupakan bagian integrasi dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani. Aktivitas fisik yang terencana dan terukur memungkinkan siswi bisa meningkatkan kebugarannya. Latihan yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswi adalah senam kebugaran jasmani (SKJ) 2008. Siswi yang tidak memiliki kebugaran jasmani yang baik, maka siswi tidak akan belajar dengan baik, karena kurangnya semangat di dalam belajar, pusing dan mengantuk. Masa usia sekolah dasar (SD) merupakan masa kanak-kanak yang berlangsung dari usia enam tahun, karakteristik utama siswa SD adalah mereka menampilkan perbedaan-perbedaan individual dalam banyak segi dan bidang, di antaranya perkembangan fisik anak. Kebugaran adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti, sehingga tubuh masih memiliki simpanan tenaga untuk mengatasi beban kerja tambahan. Senam ialah suatu latihan tubuh yang dipilih dan dikonstruk secara sengaja, yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kebugaran jasmani. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi dan sampel penelitian siswi dari kelas IV sampai V dengan jumlah 28 orang. Uji statistik yang digunakan adalah t-test, dari hasil thitung (3,70) > ttabel (2,05). Berarti bahwa hipotesis penelitian dapat diterima dengan nilai selisih peningkatan yang ditemukan sebesar 3,97%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat dikemukakan kesimpulan. Senam SKJ 2008 berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswi.
References
Arsil & Adnan, Aryadie, 2010. Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media
Kamajaya, D. M, dkk (2013). Pengaruh Pelatihan Senam Kesegaran Jasmani 2008 Terhadap Volume Oksigen Maksimal Ditinjau Dari Kemampuan Awal (Online). Volume 3 Tahun 2013. http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal (15 Januari 2015)
Rukmana, Anin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal, Pendidikan Dasar (Online). Nomor: 9 - April 2008. http://file.upi.edu/Direktori (12 Januari 2017).
Sukarno, Budi (2013) Pengaruh Pembelajaran Permainan Tradisional Permainan Hadang Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa (Online) Volume 1 Nomor 3 Desember 2013. http://fpok.upi.edu/artikel (15 Januari 2017).
Sudjana.2005. Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung : Tarsito
Syarifuddin, Dkk. (2012). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Latihan Lompat Tali Terhadap Siswa SD Negeri 3 Sempalai (Online). Atikel Penelitian. http://file.upmk.ac.id/index.php (15 Januari 2017).
Yusuf, A Muri, 2007. Metodologi Penelitian, Dasar-Dasar Penyelidikan Ilmiah. Padang: UNP Press
___________. 2013. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)