The Small Group Discussion Health Education Model for Improving Adolescent Knowledge About HIV / AIDS in High Schools in Kerambitan District, Tabanan Regency
DOI:
https://doi.org/10.23887/jere.v3i4.22354Kata Kunci:
Teenagers, Small group discussion, HIV / AIDSAbstrak
The level of knowledge of adolescents about HIV / AIDS in Indonesia by category is not large enough, which is 48.9%. The small group discussion / SGD learning model is one of the learning steps implemented so that the goal of learning outcomes is quickly achieved more effectively and efficiently. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the SGD health education model in increasing adolescent knowledge about HIV / AIDS in high schools in Kerambitan District, Tabanan Regency. The research method used was a pre-experimental design with one-group pre-test - post test design. The sample technique used was random sampling with a total of 100 students. The statistical test used Wilcoxon test. The results showed that the small group discussion education model was effective in increasing adolescent knowledge about HIV AIDS in Kerambitann Tabanan High School, with a value (p) of 0,000.
Referensi
Ar-rasily, O. K. and Dewi, P. K. 2016, Pendidikan Kesehatan Melalui Audio Visual Sebagai Upaya Pencegahan HIV /AIDS Pada RemajaDi SMA Muhammadiyah Bantul’, 5(4), pp. 1422–1433. Available at: http//ejournal-s1-undip.ac.id/index.php/medio.
Bakara, D. M., Esmianti, F. and Wulandari, C. 2014, Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Hiv / Aids Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Di Sma Negeri 1 Selupu Rejang Tahun 2013, Buletin Penelitian Sistem Kesehatan – Vol. 17 No. 3 Juli 2014: 227–231.
Cahyono,2013, Pengaruh penyuluhan kesehaan terhadap pengetahuan dan sikap siswa SMA 2 Sukorejo tahun 2013 (Skripsi) Fakultas Ilmu Kesehatan UMS,Surakarta’
Candraditya, Z. et al. ,2015, Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Hiv-Aids Dengan Media Buku Komik Terhadap Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Daya Terima Siswa Dalam Pencegahan HIV-AIDS Di SMA Surakarta,Skripsi Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Dewi, W. A. 2010, Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.
Dinas kesehatan Kabupaten Tabanan ,2017, ‘Profil Kesehatan Kabupaten Tabanan Tahun 2016.’ Available at: http ://www.depkes.go.id di akses 12 November 2017.
Dinkes Kabupaten Tabanan,2015, Profil kesehatan Kabupaten Tabanan tahun 2014.’ Available at: http ://www.depkes.go.id di akses 12 November 2019.
Dinkes Kabupaten Tabanan ,2016 Profil kesehatan kabupaten Tabanan tahun 2015, Available at: http ://www.depkes.go.id di akses 12 November 2017.
Ditjen P2P Kemenkes RI , 2016 Laporan situasi perkembangan HIV/AIDS di Indonesia Januari- Maret 2016, Available at: http://spiritia.or.id/ Stats/StatCurr.pdf diakses 11 November 2017.
Erdian,2009,Ilmu Prilaku Cetakan I, Jakarta : CV Sagung Seto.
Ghozali, I. ,2011, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edited by 5. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hamzah, B. U. 2007, Model Pembelajaran. Jakarta :PT Bumi Aksara.
Handayani, L. 2017, Pengaruh Pendidikan Kesehatandengan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Pencegahan HIV / AIDS Di Sma Negeri 1 Parigi Kabupaten Pangandaran’, naskah publikasi.
Hartono, R. , 2013, Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta :DIVA Press.
Isfirochah, S. , 2012, Melalui Pembelajaran Small Group Discussion Pokok Bahasan Kisah Sahabat Rosul Pada Siswa Kelas V Di Sdn Soroyudan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelangtahun Pelajaran2011/2012 Skripsi Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.
Izzan, A.,2009, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung:Humaniora. Kemenkes RI,. 2013, Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.
Mubarok Dkk, 2006, Buku Ajar Komunitas 2 ,Teori dan Aplikasi Dalam Praktek. Jakarta,CV Agung Seto.
Nasronudin , 2012, HIV/AIDS Pendekatan Biologi Molekuler ,Klinis, dan Sosial.Surabaya:AirlanggaUniversity Press.
Notoatmodjo,S. , 2007, Kesehatan Masyarakat Ilmu & Seni. Jakarta:Rineka Cipta.
Nursalam ,2008, Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi,Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta,Salemba Medika.
Permata, A. dan Tarigan, S. (2015) ‘Efektifitas Metode Ceramah dan Diskusi Kelompok Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Di Yayasan Pendidikan Harapan Mekar Medan’, PANNMEDJurnal Ilmiah, Volume 10 , pp. 250–258.
Purwanto, A. , 2017, Pendidikan Kesehatan Melalui Audiovisual SebagainUpaya Pencegahan HIV /AIDS Pada Remaja Di SMA Muhammadiyah Bantul.’
Putra A W S,,. Yuwono P. ,2017, Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor, URECOL The 6th Universitas Research Colloquium 2017, pp. 305–314.
Kemenkes RI, . 2014, Infodatin AIDS 2014 Kemenkes RI Pusat data informasi.pdf.’ Available at:www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/Infodatin AIDS.pdf.
UU RI, . 1992, Undang Undang No . 23 Tahun 1992 Tentang : Kesehatan’, (23).
Sanjaya , 2010, strategi pembelajarn berorientasi standar pendidikan. Jakarta:Kencana.
Setiowati D. , 2014, ‘Efektivitas Pendidikan Kesehatan Reproduksi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Di Smk Islam Wijaya Kusuma Jakarta Selatan’, Jurnal Keperawatan Soedirman, 9 No 2 Jul(2), pp. 86–93.
Sudikno, Bona Simanungkalit, S. , 2010, Pengetahuan Hiv Dan Aids Pada Remaja Di Indonesia ( Analisis Data Riskesdas 2010 ) Teenagers ’ Knowledge on HIV and AIDS in Indonesia ( Basic Health Research Analyses 2010 )’, 1, pp. 145–154. Available at: ejournal.litbang.depkes.go.id.
Sugiono , 2013 Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono , 2015, Statistika untuk penelitian. Jakarta :Afabeta.Surmiasih SS dan. rendahnya-pengetahuan-kesehatan-reproduksi sebagai penyebab prilaku seks bebas pada remaja. J Stikes Aisyah [Internet]. 2015; Available from: https://ejournal.stikesaisyah.ac.id/index.php/jika/article/view/8
Suryabrata, S. , 2010, Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Wawan , dan Dewi,. 2010 Strategi Pembelajaran: Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Walisongo, L. R. I. , 2011, Modul PLPG Guru SD. IAIN Walisongo Semarang.
Widarti , 2014, Pengaruh pendidikan kesehatan melalui small group discussion terhadap tingkat pengetahuan wanita pekerja seks tentang HIV/AIDS di Peguyuban Seroja Yogyakarta.’
Wulan A., D. , 2013, Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang HIV/AIDS Pada Siswa Kelas XI DI SMUN I Teras, Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 1 No 1 Jul, pp. 99–111.
Yuliantini, H. , 2012, Tingkat pengetahuan HIV/AIDSdan sikap remaja terhadap prilaku seksual pranikah di SMA X di JakartaTimur.
Yuliyanasari, N. ,2017, Global Burden Desease – Human Immunodeficiency Virus – Acquired Immune Deficiency Syndrome ( HIV-AIDS )’, October 2016, pp. 65–77.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)