Etnomatematika dalam Pandangan Aliran Filsafat Esensialisme

Authors

  • Astuti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Jimmi Copriady Universitas Riau, Pekanbaru
  • L.N. Firdaus Universitas Riau, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v6i1.50865

Keywords:

Etnomatematika, Filsafat esensialisme

Abstract

Etnomatematika merupakan suatu program yang direncanakan bertujuan untuk menekuni bagaimana peserta didik dapat memahami, mencerna, dan memakai ide matematika yang bisa menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan kegiatan keseharian mereka. Peran etnomatematika merupakan pengakuan bahwa terdapat cara yang berbeda dalam melaksanakan matematika dengan memperhatikan pengetahuan matematika secara akademik yang dikembangkan oleh masyarakat dengan melibatkan budaya yang ada. Esensialisme ialah suatu aliran filsafat yang berkontribusi,serta menghendaki terdapatnya budaya dalam pendidikan matematika. Aliran esensialisme ini berpendapat bahwa pembelajaran wajib didasarkan oleh nilai kebudayaan yang sudah terdapat dari peradaban manusia dahulunya. Filsafat esensialisme menekankan agar tidak terbentuknya proses pembelajaran yang kaku, tetapi menuju kepada kemajuan Ilmu pengetahuan yang bermakna dengan memperhatikan kebudayaan dan nilai budaya yang merupakan prinsip dalam kehidupan. Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui hubungan dan implementasi filsafat pendidikan esensialisme dengan etnomatematika. Artikel ini menggunakan metode studi literatur.Data dalam penelitian inidiperoleh dari hasil riset terdahulu yang terdapat dalam buku, jurnal, serta prosiding yang mempunyai keterkaitan erat dengan judul penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa pemikiran aliran esensialisme sangat berhubungan dengan etnomatematika. Aliranesensialisme Sangat berkontribusi dalam perkembangan, serta kemajuan dalam pelaksanaan etnomatematika di sekolah.

References

Amka. 2019. Filsafat Pendidikan. In Nizamia Learning Center 2019 Anggota.

Astuti, A., Zulfah, Z., & Rian, D. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 11 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3):9222–9231. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2452.

Evans, D., Kowanko, I. 2000. Literature Reviews: Evolution of a Research Meodology. Australian Journal of Advanced Nursing. 18 (2): 33-38.

Fajriyah, E. 2018. Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1:114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589.

Fauziah, A. 2020. Developing PMRI Learning Environment Through Lesson Study for Pre-Service Primary School Teacher. Journal on Mathematics Education, 11(2):193–208. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.10914.193-208.

Fransisko Iko, K.Y. Margiyati, S. H. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Tipe Jigsaw di Sekolah Dasar. 4(7).

Gall, M.D., Gall, S.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research; an Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.

Galvan, J. 2006. Writing Literature Reviews: A Guide for Student of the Behavioral Sciences (Third Editions). Glendale CA: Pyrczak Publishing.

Hardanti, B. W. 2020. Landasan Ontologis, Aksiologis, Epitesmologis Aliran Filsafat Esensialisme Dan Pandanganya Terhadap Pendidikan. Jurnal Visionary, 9(1):62–70.

Imswatama, A., & Zultiar, I. 2019. Etnomatematika: Arsitektur Rumah Adat di Sukabumi sebagai Bahan Pembelajaran Matematika di Pendidikan Dasar. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(2):119. https://doi.org/10.29240/ja.v1i2.1007.

ndriastuti, N. R. (2018). Restrukturisasi Pendidikan Berbasis Budaya: Penerapan Teori Esensialisme di Indonesia. J, 6(1), 1–7.

unaidin, J., & Komalasari, K. 2019. Konstribusi Esensialisme dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(3):137–147. https://doi.org/10.17977/um025v3i32019p137.

Maryanto, A. 2021. Supervisi Akademik dalam Perspektif Filsafat Esensialisme. Jurnal Sosial Teknologi, 1(8):808–812.

Ni Ketut A. Agustini, Samuel I.Leton, A. J. F. 2019. Studi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Larantuka Ethnomathematics Study In Larantuka Culture. ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1):27–32.

Novita, A., & Bakar, M. Y. A. 2021. Konsep Pendidikan Esensialisme dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(1):12–22. https://www.test.journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/2409.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. 2020. Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2):1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405.

Putri, L. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1):136837.

Rahmawati, N. D. 2020. The 5th Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENATIK) 2020. In Journal of Physics: Conference Series(Vol. 1663, Issue 1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/011001.

Richardo, R., & Cahdriyana, R. A. 2021. Esensialisme dan Perspektifnya terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. LITERASI (Jurnal Ilmu ..., XII(2):107–114. https://www.ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/2079%0Ahttps://www.

ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/download/2079/1538.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. 2018. Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521.

Siagian, M. D. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1):58–67.

Suhartini, S., & Martyanti, A. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2):105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198.

Sumaryati, Siti Murtiningsih, S. D. P. M. 2020. Penguatan Pendidikan Antikorupsi Perspektif Esensialisme. Jurnal Antikorupsi, INTEGRITAS, 6(1):1–14. https://jurnal.kpk.go.id/index.php/integritas/article/view/408.

Talo, Y. A., Ardana, I. M., Kertih, I. W., Studi, P., Dasar, P., & Ganesha, U. P. 2022. Berbasis Etnomatematika Batu Kubur Dan Rumah Adat.6(1):84–93.

Tarigan, R. 2021. Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. Sepren, 2(2):17–22. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508.

Thaib, M. I. (2015). Essensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 325–356. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/632.

Wahyuni, A., & Pertiwi, S. (2017). Etnomatematika dalam ragam hias melayu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–118. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.61.

Yunus, H. A. 2016. Telaah Aliran Pendidikan Progresivisme dan Esensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i1.319.

Zhang, Y., Wildemuth, B.M. 2009. Qualitative analysis of content. In B. WIldemuth(Ed.). Applications of Social Research Methods to Questions in Informaation and Library Science. Wesport CT: Libraries Unlimited.

Published

2023-04-29

Issue

Section

Articles