Etnomatematika dalam Pandangan Aliran Filsafat Esensialisme
DOI:
https://doi.org/10.23887/jfi.v6i1.50865Kata Kunci:
Etnomatematika, Filsafat esensialismeAbstrak
Etnomatematika di anggap sebagai sebuah program yang bertujuan mempelajari bagaimana peserta didik untuk bisa memahami, mengolah, kemudian menggunakan ide-ide matematika yang dapat memecahkan masalah berkaitan dengan aktivitas sehari-hari mereka. Peran dari adanya etnomatematika adalah untuk mengakui bahwa ada cara-cara berbeda dalam melakukan matematika dengan mempertimbangkan pengetahuan matematika akademik yang dikembangkan oleh masyarakat dengan mempertimbangkan budaya yang berbeda. Esensialisme merupakan salah satu aliran yang dapat memberikan kontribusi dan menghendaki adanya budaya dalam pembelajaran matematika. Menurut paham ini pendidikan harus didasarkan pada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak awal peradaban umat manusia. Filsafat pendidikan essensialisme menekankan untuk tidak terjadinya interaksi belajar yang kaku, namun lebih kepada pemaknaan kemajuan Ilmu pengetahuan dan kebudayaan serta nilai-nilai yang dipegang teguh dalam kehidupan. Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui hubungan dan implementasi filsafat pendidikan esensialisme dengan etnomatematika. Artikel ini menggunakan metode studi literatur. Data tersebut diperoleh dari sebagian hasil-hasil penelitian yang tertuang dalam buku, jurnal, dan prosiding yang memiliki hubungan terkait dengan judul artikel. Hasil menunjukkan bahwa pandangan aliran esensialisme saling berhubungan dengan etnomatematika. Esensialisme dapat memberikan kontribusi yang besar untuk perkembangan dan kemajuan dalam penerapan etnomatematika di sekolah.
Referensi
Amka. 2019. Filsafat Pendidikan. In Nizamia Learning Center 2019 Anggota.
Astuti, A., Zulfah, Z., & Rian, D. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 11 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3):9222–9231. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2452.
Evans, D., Kowanko, I. 2000. Literature Reviews: Evolution of a Research Meodology. Australian Journal of Advanced Nursing. 18 (2): 33-38.
Fajriyah, E. 2018. Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1:114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589.
Fauziah, A. 2020. Developing PMRI Learning Environment Through Lesson Study for Pre-Service Primary School Teacher. Journal on Mathematics Education, 11(2):193–208. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.10914.193-208.
Fransisko Iko, K.Y. Margiyati, S. H. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Tipe Jigsaw di Sekolah Dasar. 4(7).
Gall, M.D., Gall, S.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research; an Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.
Galvan, J. 2006. Writing Literature Reviews: A Guide for Student of the Behavioral Sciences (Third Editions). Glendale CA: Pyrczak Publishing.
Hardanti, B. W. 2020. Landasan Ontologis, Aksiologis, Epitesmologis Aliran Filsafat Esensialisme Dan Pandanganya Terhadap Pendidikan. Jurnal Visionary, 9(1):62–70.
Imswatama, A., & Zultiar, I. 2019. Etnomatematika: Arsitektur Rumah Adat di Sukabumi sebagai Bahan Pembelajaran Matematika di Pendidikan Dasar. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(2):119. https://doi.org/10.29240/ja.v1i2.1007.
ndriastuti, N. R. (2018). Restrukturisasi Pendidikan Berbasis Budaya: Penerapan Teori Esensialisme di Indonesia. J, 6(1), 1–7.
unaidin, J., & Komalasari, K. 2019. Konstribusi Esensialisme dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(3):137–147. https://doi.org/10.17977/um025v3i32019p137.
Maryanto, A. 2021. Supervisi Akademik dalam Perspektif Filsafat Esensialisme. Jurnal Sosial Teknologi, 1(8):808–812.
Ni Ketut A. Agustini, Samuel I.Leton, A. J. F. 2019. Studi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Larantuka Ethnomathematics Study In Larantuka Culture. ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1):27–32.
Novita, A., & Bakar, M. Y. A. 2021. Konsep Pendidikan Esensialisme dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(1):12–22. https://www.test.journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/2409.
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. 2020. Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2):1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405.
Putri, L. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1):136837.
Rahmawati, N. D. 2020. The 5th Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENATIK) 2020. In Journal of Physics: Conference Series(Vol. 1663, Issue 1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/011001.
Richardo, R., & Cahdriyana, R. A. 2021. Esensialisme dan Perspektifnya terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. LITERASI (Jurnal Ilmu ..., XII(2):107–114. https://www.ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/2079%0Ahttps://www.
ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/download/2079/1538.
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. 2018. Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521.
Siagian, M. D. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1):58–67.
Suhartini, S., & Martyanti, A. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2):105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198.
Sumaryati, Siti Murtiningsih, S. D. P. M. 2020. Penguatan Pendidikan Antikorupsi Perspektif Esensialisme. Jurnal Antikorupsi, INTEGRITAS, 6(1):1–14. https://jurnal.kpk.go.id/index.php/integritas/article/view/408.
Talo, Y. A., Ardana, I. M., Kertih, I. W., Studi, P., Dasar, P., & Ganesha, U. P. 2022. Berbasis Etnomatematika Batu Kubur Dan Rumah Adat.6(1):84–93.
Tarigan, R. 2021. Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. Sepren, 2(2):17–22. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508.
Thaib, M. I. (2015). Essensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 325–356. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/632.
Wahyuni, A., & Pertiwi, S. (2017). Etnomatematika dalam ragam hias melayu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–118. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.61.
Yunus, H. A. 2016. Telaah Aliran Pendidikan Progresivisme dan Esensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i1.319.
Zhang, Y., Wildemuth, B.M. 2009. Qualitative analysis of content. In B. WIldemuth(Ed.). Applications of Social Research Methods to Questions in Informaation and Library Science. Wesport CT: Libraries Unlimited.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Filsafat Indonesia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Filsafat Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.