Lesson Study PPL PPG Prajabatan Bersubsidi Gelombang III di SDN 1 Banjar Jawa Kelas IV Semester II Tahun Peajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.23887/jil.v2i1.39158Kata Kunci:
Lesson Study, Kelas IV, Aktivitas Siswa, PembelajaranAbstrak
Lesson study muncul sebagai salah satu alternatif yang berguna untuk mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Sekarang ini masih banyak praktik pembelajaran di Indonesia yang cenderung melakukan pembelajaran secara konvensional. Praktik pembelajaran konvensional semacam ini lebih cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar dari pada siswa belajar, dan secara keseluruhan hasilnya tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa. Adapun tahapan-tahapan dalam Lesson study yaitu: (1) Perencanaan (Plan); (2) Pelaksanaan (Do); (3) Refleksi (See). Dalam hal ini, Lesson study dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran yang dilakukan di Kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa Semester II Tahun Ajaran 2018/ 2019 ke arah yang jauh lebih efektif. Fokus yang paling utama dari Lesson study adalah pengembangan dan pembelajaran yang dilakukan siswa, misalnya apakah siswa menunjukkan minat dan motivasinya dalam belajar, bagaimana siswa bekerja dalam kelompok kecil, bagaimana siswa melakukan tugas-tugas yang diberikan guru, serta hal-hal lainya yang berkaitan dengan aktivitas, partisipasi, serta kondisi dari setiap siswa dalam mengikuti setiap pembelajaran. Dengan demikian, pusat perhatian tidak lagi hanya tertuju pada bagaimana cara guru dalam mengajar sebagaimana lazimnya dalam sebuah supervisi kelas yang dilaksanakan oleh kepala sekolah atau pengawas sekolah.
Referensi
Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson study. Lesson study Project. online: http ://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm
Catherine Lewis (2004) Does Lesson study Have a Future in the United States?. Online: sowi-online.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm
Herawati,dkk. 2011. Lesson study Berbasis Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang
Lesson study Research Group online: tc.edu/lessonstudy/whatislessonstudy.html.
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/22/lesson-study-untuk-meningkatkan-pembelajaran/.
Santyasa, I.W. 2009. Implementasi Lesson study Dalam Pembelajaran. Nusa Penida: Universitas Pendidikan Ganesha
Sudrajat, A. 2018. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2018/09/12/lesson-study-untuk meningkatkan-pembelajaran/ diakses pada tanggal (17 Mei)
_____________. 2008. Lesson study Research Group online: tc.edu/lessonstudy/whatislessonstudy.html
Widodo, A. Sumarno, U. Nurjhani, M. Riandi. 2007. Peranan “ Lesson study”dalam Peningkatan Kemampuan Mengajar Mahapeserta didik Sebagai Calon Guru. Tidak dipublikasikan. Bandung : FMIPA UPI Bandung.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Journal of Innovation and Learning
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.