PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN AUDIOVISUAL BERORIENTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Luh Putu Sri Widnyani, Desak Putu Parmiti, Ni Wayan Eka Rippanawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PKn di SD Negeri 4 Banyuasri Singaraja setelah penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan media audiovisual berorientasi Lesson Study. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa III SD Negeri 4 Banyuasri, sebanyak 30 orang. Bentuk analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada refleksi awal rata-rata hasil belajar PKn hanya mencapai 60 dengan (M%) sebesar 60% yang masih berada pada kategori rendah. Hasil penelitian meningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai 77 dan (M%) sebesar 77,17% yang juga masih berada pada kategori sedang. Setelah dilaksanakan perbaikan tindakan pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa semakin meningkat mencapai 86 dengan (M%) sebesar 86% yang sudah masuk pada kategori tinggi. Adapun peningkatan hasil belajar PKn dapat dilihat dari hasil perhitungan gain score adalah sebesar 0,60. Jadi model pembelajaran Make a Macth berbantuan media audiovisual berorientasi Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III di SD Negeri 4 Banyuasri Singaraja.

 


References


Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Sleman: Depublish.

Abizar, Haris. 2017. Buku Master Lesson Study.Yogyakarta: DIVA Press

Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asra, Darmawan dan Riana. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Dirjendikti: Jakarta.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Fajar, Arnie. 2002. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Huda, Mittahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar. Kuncoro, Lenny. 2009. “Make a Match”. Tersedia pada http/motivasimotivasi-belajar-fungsi.ac.id (diakses tanggal 31/5/2018).

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers.

Suarsi. 2012. Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.

Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susetyo, B. 2015. Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: PT Refika Aditama.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Susilo, Herawari, dkk. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Banyumedia Publishing.

Thobroni dan Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz.

Media Pustaka Belajar. Uno, Hamzah. B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Persekolahan Standar isi dan Pembelajarannya. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.


Article Metrics

Abstract view : 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.