Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Media Powerpoint Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu

Authors

  • Ni Putu Warningsih

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30180

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gianyar di kelas VII G yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Agama Hindu masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VII G di SMP Negeri 2 Gianyar pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media powerpoint. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya hanya mencapai rata-rata 68,05 dan ketuntasan belajar 30,55%, pada siklus I meningkat menjadi 74,86 dengan ketuntasan belajar 72,22% dan pada Siklus II meningkat menjadi 81,94 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media powerpoint dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Gianyar pada semester II tahun pelajaran 2018/2019

References

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi.2006. Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asikin dan Pujiadi. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 37, NO. 1, Juni 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Semarang. FMIPA Unnes.

Darmawan, E. 2009. Ruang Publik dalam Arsitektur Kota. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Idrus, M. 2009. Metode penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT. Gelora Akasara.

Pepkin, K. L. 2004. Creative Problem Solving in Math. http://www.uh.edu/hti/ cu/2004/v02/04. htm (Diakses 10 Maret 2014).

Rahman, B. 2009.Skripsi.Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Creative Problem Solving (CPS) dengan Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Konvensional. FPMIPA UPI. Bandung.

Saud, Udin Syaefudin. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Supardi dan Putri. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suparmi, Nyoman. 2018. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dialog Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Undiksha Volume 4 Nomor 2.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Warningsih, N. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Media Powerpoint Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30180

Issue

Section

Articles