Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dengan Metode Bimbingan Individu dan Kelompok Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Authors

  • I Ketut Sudiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30183

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Selat dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Selat melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan metode bimbingan individu dan kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Selat yang berjumlah 23 orang, dalam mata pelajaran Matematika. Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan metode bimbingan individu dan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IX D pada semester II SMP Negeri 1 Selat tahun pelajaran 2018/2019. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari awal pembelajaran, ke siklus I, hingga ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 69,56, siklus I meningkat menjadi 73,91 pada siklus II menjadi 81,73. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 21,73%, pada siklus I meningkat menjadi 52,17% dan pada siklus II menjadi 91,30%.

References

Aliwu, Yupin, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN No.1 Labuan Bajo. e-Jurnal Mitra Sains, Volume 4 Nomor 2, April 2016 hlm 46-53.

Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill.

Asikin dan Pujiadi. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Group Investigation Berbantuan Cd Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Semarang. FMIPA Unnes. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 37, NO. 1, Juni 2008.

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.

Buchori, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Group Investigation Berbantuan Software GeogebraTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMA. Artikel Hasil Penelitian. Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Semarang.

Dimyati & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Hasan, S. 2011. Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Perawatan dan Perbaikan SistemRefrigasi. INVOTEC. Volume VII. No.2.pp.189-198.

Irwan, N., & Sani, R. A. 2015. Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Teamwork Skills terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika,4(1), 41-48.

Lestari, Sri. 2017. Penerapan Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Siswa Materi Statistika. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang Volume 1 Nomor 2.

Prihaswati, M. 2014. Keefektifan Buku Peserta Didik (BPD) Dengan Metode Group Investigation Berbasis Kontekstual Untuk Menunjang Pembelajaran Matematika Materi Segitiga SMP. JKPM, Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Muhammadiyah Semarang. Volume 1 Nomor 1. ISSN : 2339-2444.

Rahman, B. 2009.Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Group Investigation dengan Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Konvensional. Skripsi. FPMIPA UPI. Bandung.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Sudiarta, I. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dengan Metode Bimbingan Individu dan Kelompok Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30183

Issue

Section

Articles