Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah Dengan Mengotimalkan Peran Perpustakaan Melalui Program Tali Kasih

Authors

  • Dewa Nyoman Bawa SMP Negeri 1 Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30184

Abstract

Tujun penelitian ini adalah untuk mengembangkan budaya literasi dan meningkatkan prestasi siswa di SMP Negeri 1 Gianyar melalui program “TALI KASIH” (Duta Literasi dan Kompetisi Karya Litersi Sekolah). Penelitian ini tergolong praktek baik (best practice) yang dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan analisis data bahwa dampak positif program Tali Kasih terhadap peningkatan prestasi siswa, adalah: (a) Pemanfaatan perpustakaan menjadi lebih optimal, dimana hampir setiap kegiatan sekolah memfaatkan perpustakaan sekolah. (b) Jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan setiap bulannya mengalami peningkatan secara drastis. Sesuai rekapitulasi data pada akhir bulan Oktober 2019 jumlah siswa yang berkunjung ke perpustakaan sekolah sebesar 98,16%. (c) Jumlah siswa yang meminjam buku dari berbagai jenis klasifikasi buku juga setiap bulannya mengalami peningkatan. Sesuai rekapitulasi data pada akhir bulan Oktober 2019 jumlah siswa yang meminjam buku ke perpustakaan sekolah sebesar 93,85%. (d) Dampak positif lainnya adalah prestasi yang diraih siswa secara kualitas juga mengalami peningkatan, yaitu: Siswa a.n Gede Indra Prabawa Putra mampu lolos 12 besar IJSO dan sudah sampai ikut TC di Bandung. Siswa an. Deantika Ardila Santi mendapat juara I lomba IPS dan memperebutkan piala bergilir Dekan IPS di Undiksha. Dalam Olimpiade Fisika di Universitas Udayana, dua orang siswa meraih medali yakni medali emas an. Gede Indra Prabawa Putra dan medali perak an. Ngakan Putu Bagus Aditya Pradnya

References

Agustin, S., & Cahyono, B. E. H. 2017. Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Budaya Baca di SMA Negeri 1 Geger. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 1(2), 55.

Ardian, R. 2017. Gerajan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca PesertaDidik di SMAN 1 Banyuasin I. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, (November), 188–192.

https://gurudigital.id/contoh_program_gerakan_literasi_ di sekolah. Post Januari 2, 2019.

Majalah Visi Pusaka, Vol 9, No 3. http://www.perpusnas.go.id. 3 desember 2017.

Mitasari, L. S. 2017. Peran Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis Siswa Kelas Atas di SDN Gumpang 1. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Novarina, Gheanurma Ekahasta, dkk. 2019. Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan PengembanganVolume: 4 Nomor: 11.

Permendikbud No 23 Tahun 2005 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Pratiwi Ratnaningdyah, dkk, 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Mengengah, Dirjen Dikdasmen Kemendikbud.

Rohman, S. 2017. Membangun Budaya Membaca pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. TERAMPIL (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar), 4, 151–174.

Undang-Undang No 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Wilantara, Eka. 2018. Wujudkan Perpustakaan Sekolah terbaik di Indonesia dengan “Tangan Bima”. Best Practice. SMA Negeri 1 Singaraja.

Yunianika dan Suratinah. 2019. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah DasarVolume 3, Number 4..

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Bawa, D. N. (2020). Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah Dengan Mengotimalkan Peran Perpustakaan Melalui Program Tali Kasih. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30184

Issue

Section

Articles