Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris Ditinjau dari Kreativitas

Authors

  • I Ketut Sutapa SMP Negeri 2 Payangan

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dan kreativitas terhadap kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris pada siswa kelas VII SMP negeri 2 Payangan. Penelitian ini dilaksanakan melalui eksperimen dengan Post-Test Only Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah orang siswa kelas VII yang dipilih dengan teknik Random. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis Varians dua jalur dan uji lanjut dilakukan dengan uji TUKEY. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) secara keseluruhan, kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran Konvensional. Hal ini dibuktikan dengan FA = 11,432 dengan p < 0,05, (2) Pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi, kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II lebih tinggi daripada kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran Konvensional, hal ini dibuktikan dengan nilai Q = 12,588 dengan p < 0,05. (3) Pada siswa yang memiliki kreativitas rendah, kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran Konvensional lebih tinggi daripada kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II, hal in dibuktikan dengan nilai Q = 3,024 dengan p < 0,05. (4) Terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dan kreativitas terhadap kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris yang ditunjukkan oleh nilai FAB = 30,466 dengan p < 0,05. Beberapa implikasi penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II, merupakan sebuah model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran menulis dalam Bahasa Inggris, (2) penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II pada pembelajaran menulis dalam Bahasa Inggris hendaknya mempertimbangkan kreativitas, (3) penilaian terhadap kemampuan menulis hendaknya dilakukan tidak hanya pada produk, tetapi juga pada proses pembelajaran menulis itu sendiri. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw II berpengaruh terhadap kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payangan.

References

Adair, John. 2005. Berpikir Kreatif Berpikir Sukses. Yogyakarta: Rumpun.

Allison, Desmond. 1999. Language Testing and Evaluation. Singapore University Press.

Celce Marianne-Murcia.Ed. 2001. Teaching English as a Second Foreign Language, Heinle & Heinle, ELT International.

Cohen, A.D, 1994. Assessing Langage Ability in the Classroom. University of Minnesota. Heinle & Heinle Publisher.

DEPDIKNAS. 2005. Bahasa Inggris (Materi Pelatihan Terintegrasi. Buku 1, Jakarta.

DEPDIKNAS. 2005 Bahasa Inggris (Materi Pelatihan Terintegrasi. Buku 2, Jakarta.

Djiwandono, M.Soenardi. 1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB.

Harmer, Jeremy. The Practice of English Language Teaching, Pearson Longman.

Iskandar. 2009. Metodelogi Penelitian. Jakarta: G.P.Press.

Johnson, Elaine B. 2006. Contextual Teaching and Learning, Bandung: MLC.

Munandar, Utami. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Nazirin. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep PPKN pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Volume 19 No 2 Universitas Terbuka.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Oxford, Rebecca L. 1990. Language Learning Strtegies. The University of Alabama. New York. Newbury House Publishers, Inc.

Slavin, Robert E. 2008. Cooverative Learning. Bandung: Nusa Media.

Suparno, Paul. 1997 Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Uno, H.B. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.

Winch, Gordon et al. 2006. Literacy, Oxford.

Downloads

Published

2021-01-08

How to Cite

Sutapa, I. K. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris Ditinjau dari Kreativitas. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30185

Issue

Section

Articles