Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Aspek Berbicara Materi Descriptive Text

Suryono Suryono

Abstract


Masalah pokok yang diangkat dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya hasil belajar bahasa Inggris yang dicapai siswa kelas X. APH.2 SMK Negeri 2 rangkasbitung pada aspek berbicara dalam bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 rangkasbitung pada kelas X. APH.2 Semester Ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Hasil Penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Hasil pada siklus I nilai rata – rata 79, 2) Ketuntasan Belajar pada siklus I adalah 78%, 3) Hasil pada siklus II nilai rata-rata 79, dan 4) Ketuntasan Belajar pada siklus II adalah 100%. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran bahasa inggrius dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APH.2 Semester ganjil SMK Negeri 2 Rangkasbitung tahun pelajaran 2018/2019

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arief S. Sadiman. 1986. Asosiasi Pendidikan Nasional. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi, 1989, Penilaian Program Pendidikan, Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud, Dirjen Dikti.

Arikunto, Suharsimi, 1993, Manajemen Mengajar Secara Manusiawi, jakarta rineksa Cipta.

Aristoteles. 202. Manfaat dan Jenis-jenis Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Theresia Inovia, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Biologi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Volume 2 Nomor 1.

Bastomi Wibawa. 2001. Media Pembelajaran di SD. Jakarta: Widya Guna.

Basuki Wibawa. 2001. Hakikat Media dan Manfaatnya. Jakarta: Sinema Cipto Karso.

Daryanto. 2010. Fungsi dan Kegunaan Media Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Ido Siti Herawati, Iriaji. 1999. Pendidikan kesenian II. Jakarta: DEPDIKBUD.

Ketut,Drs. 2004. Prinsif Pengembangan Media, Pustekom. Jakarta.

Mudhofir, Main Sufanti. 2010. Kegunaan Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyono Abdulrahman. 1999. Pendidikan Seni Rupa III. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution. 1986. Didaktik Asas Mengajar. Bandung; Jemmars.

Oemar Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jkaarta: Bina Aksara.

Pablo Picasso. 1986. Menggambar dan Menggambar Bentuk. Bandung: Alfabeta.

Sapriya. Dkk, 1999, Studi Tentang Media Pembelajaran Nilai dalam mata pelajaran PPKN di SLTP dan SMU Bandung (Laporan penelitian, tidak diterbitkan.)

Surakmad, Winarno. 1982. Pengantar Interaksi Mengajar Belajar: Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung. Tarsito..




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30187

Article Metrics

Abstract view : 434 times
PDF file view : 3661 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.