Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Quick On The Draw
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30189Abstract
Tujuan melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa Kelas VI SD Negeri 2 Siangan pada semester I. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 2 Siangan. Cara yang dilakukan adalah menambah gaya pembelajaran lama yang konvensional menjadi cara pembelajaran baru yang bersifat penemuan menggunakan model pembelajaran Quick On The Draw. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan dengan tahap poerencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data hasil penelitian digunakan tes prestasi belajar dan untuk menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakkukan terjadi peningkatan dari data awal dengan rata-rata 69,00, ketuntasan belajar 43,33%. Pada siklus I rata-ratanya 74,33 meningkat menjadi 82,66 pada siklus II dengan ketuntasan belajar 93,33%. Dengan demikian dapat disampaikan simpulan bahwa penerapan model Quick On The Draw dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VI semester I SD Negeri 2 SianganReferences
Adnyani, Nyoman. 2002. Kelemahan-kelemahan Peneriman Siswa SMP yang Beracuan pada NUAN. Makalah yang Disampaikan dalam Seminar Ilmiah Universitas Mahasaraswati, Septermber 2003.
Alien, Deborah .et-al 1996.The Power of Problem Based Learning in Teaching Introductory Science Courses. Jossey-Boss Publisher.
Amien, Moh. 1996. Perkembangan Intelektual Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 3 No. 4. Jakarta: LTPTK dan ISP.
Anastasi, Anne. 1976. Psychological Testing. Fifth Edition. New York: Macmillan Publishing Co., Inc.
Anom. 2000. Profesionalisme Guru Fisika dalam Menghadapi Tantangan Era Global. Makalah. Disampaikan pada Seminar dalam Rangka HUT ke 36 Jurusan Fisika STKIP Singaraja pada 1 hari Minggu 5 Nopember 2000.
Ardana, Nengah. 1999. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pola Pemberian Tugas dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Fisika pada Siswa SMP Negeri 1 Denpasar. Skripsi. IKIP Mahasaraswati Tabanan.
Ayu, Emi Yuliani, dkk. 2018. Penerapan Pembelajaran Quick On The Draw Padamateri Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia Volume 2 Nomor 1.
Lestiyaningsih, Herdika, dkk. 2013. Penerapan Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII F Semester Ganjil SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Kadikma, Vol. 4, No. 2, hal 39-48.
Sthephani, Aulia. 2017. Penerapan Model Kooperatif Dengan Teknik Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII5 SMP Negeri 22 Pekanbaru. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Volume 5 Nomor 1.