Meningkatkan Prestasi Belajar Matematikan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction

Ni Nyoman Karmi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Payangan di kelas VIII B yang kemampuan siswanya untuk Mata pelajaran Matematika cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Problem Based Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 68,12, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 71,56 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 81,56. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Instruction dapat prestasi belajar Matematika pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Payangan

Full Text:

PDF

References


Arends. 2001. Learning to Teach, jilid 2. Yogyakarta; Pustaka belajar.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Hidayat, Wawan. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X TPM Di SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA.

Mutaqwiyati, Isna, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi)Dengan Menggunakan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajardan Hasil Belajar Siswa di SMA N09 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, Volume 2 Nomor 2.

Nasution, P. 2008. Penerapan Model Problem Based Instruction dalam Pembelajaran Matematika di SMU. Jurnal Dinamika Vol. VI No. 1, 33.

Nurhidayati, Aryanti, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Sebagai Upaya Pembentukan Kemandirian Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teknik Pondasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan Volume 6 Nomor 1.

Sutrisno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta; Kencana.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta; Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30190

Article Metrics

Abstract view : 219 times
PDF file view : 422 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.