Penggunaan Model Pembelajaran Think-Talk-Write Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Authors

  • Ni Luh Ketut Rumiti SD Negeri 1 Serongga

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30191

Abstract

Siswa yang berlajar di kelas VI, pada semester I, tahun pelajaran 2018/2019 SD Negeri 1 Serongga, dijadikan objek penelitian yang bertujuan untuk mencapai peningkatan prestasi belajar. Data yang diupayakan untuk diperoleh dikumpulkan dengan tets hasil belajar. Setelah diperoleh data, lalu dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah pelaksanaan tindakan, data yang penulis dapatkan menunjukkan peningkatan yang baik, dari awalnya baru mencapai rata-rata 69,59, pada siklus I meningkat menjadi 74,86 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,21. Dengan perolehan peningkatan hasil tersebut dapat disampaikan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Think-Talk-Write dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Negeri 1 Serongga

References

Ansari dan Yamin. 2008. Taktik Mengembangkan kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Putra Grafika.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP.Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Idris, Tasnim. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Min Bungcala Aceh Besar. Pionir Jurnal Pendidikan Volume 7 Nomor 1.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahertian, Piet A & Ida Aleida Sahertian.1992. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Program Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahertian, Piet A. 1994. Profil Guru Prefesional. Yogyakarta: Andi Offset.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Tarigan. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Winarti, Asih. 2018. Model Pembelajaran Think Talk Write Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual Vol. 2 No. 3.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Rumiti, N. L. K. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Think-Talk-Write Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30191

Issue

Section

Articles