Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping

I Made Retawan

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Serongga di kelas I yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran PKN masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas I SD Negeri 1 Serongga. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas I SD Negeri 1 Serongga. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 64,23, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 69,61 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78,07. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas I SD Negeri 1 Serongga semester II tahun pelajaran 2018/2019.


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azwar, Saifuddin. 2001. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Busan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map. Alih Bahasa Susi Purwoko. Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Dahar, R. W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas, 2002a.Pedoman Umum Sistem Pengujian Hasil KBM Berbasis Kemampuan Dasar. Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas,2002b. Pedoman Khusus Sistem Pengujian Hasil KBM Berbasis Kemampuan Dasar. Dirjen Dikdasmen.

Giriyanti, Indri dan Nina Oktarina. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Kearsipan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran II DI SMKN 9 Semarang Tahun Ajaran 2014-2015. Economic Education Analysis Journal Volume 4 Nomor 3.

Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Setyarini, Devi. 2019. Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” Vol. VINo. 2 Juli 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30193

Article Metrics

Abstract view : 326 times
PDF file view : 701 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.