Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping

Authors

  • I Made Retawan SD Negeri 1 Serongga

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30193

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Serongga di kelas I yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran PKN masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas I SD Negeri 1 Serongga. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas I SD Negeri 1 Serongga. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 64,23, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 69,61 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78,07. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas I SD Negeri 1 Serongga semester II tahun pelajaran 2018/2019.

References

Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azwar, Saifuddin. 2001. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Busan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map. Alih Bahasa Susi Purwoko. Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Dahar, R. W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas, 2002a.Pedoman Umum Sistem Pengujian Hasil KBM Berbasis Kemampuan Dasar. Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas,2002b. Pedoman Khusus Sistem Pengujian Hasil KBM Berbasis Kemampuan Dasar. Dirjen Dikdasmen.

Giriyanti, Indri dan Nina Oktarina. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Kearsipan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran II DI SMKN 9 Semarang Tahun Ajaran 2014-2015. Economic Education Analysis Journal Volume 4 Nomor 3.

Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Setyarini, Devi. 2019. Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” Vol. VINo. 2 Juli 2018.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Retawan, I. M. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30193

Issue

Section

Articles