Meningkatkan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Cerita Novel Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30194Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi cerita novel, bagi siswa kelas XII Akuntansi melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini dilakukan di SMK kelas XII Akuntansi Semester Ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa dengan jumlah 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah selama proses pembelajaran dan dilakukannya refleksi ternyata adanya peningkatan pencapaian hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Hasil Penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) hasil pada siklus I nilai rata – rata 82, 2) ketuntasan Belajar pada siklus I adalah 88%, 3) hasil pada siklus II nilai rata-rata 85,4, dan 4) Ketuntasan Belajar pada siklus II adalah 100%. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran bahasa indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Akuntansi tahun pelajaran 2018/2019.
References
Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang : YA3 Malang.
Aminudin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang : YA3 Malang.
Arikunto, Suharsimi, Suharjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hadiono dan Nuor, Ainiy Hidayati. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMPN 2 Kamal Materi Cahaya. Jurnal Pena Sains Volume 3 Nomor 2.
Halim, Amran, Jazir Burhan, dan Haroen Al Rasjid. 1982. Ujian Bahasa. Jakarta : PT. Wira Nurbakti.
Hidayat, Kosadi, Jazir Burhan, dan Undang Misdan. 1990. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Bina Cipta.
Husnan, Ema, DKK. 1987. Apresiasi Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa.
Maria Rosa Anggraini, SS. 2010. 1001 ulasan Bahasa Indonesia SMP kelas VIII. Scientific Press.
Samuel S. Lusi, Ricky Arnold Nggili. 2013. Panduan Praktis dengan Pendekatan Ilmiah untuk Melakukan Transformasi Pembelajaran. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Siregar, Sori. 2001. Titik Temu: Kumpulan Cerita Pendek. Jakarta: Balai Pustakan.
Tarigan, Henry Guntur. 1987. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.