Peningkatan Efektivitas Guru Dalam Melakukan Penilaian Hasil Belajar Melalui Pendekatan Ilmiah Dan Pendekatan Klinis Dengan Supervisi Pengajaran

Authors

  • Anak Agung Istri Agung Wahyuni SMP Negeri 1 Payangan

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30195

Abstract

Dalam melakukan tugasnya kualitas guru-guru terfokus pada 2 hal yaitu komitmen dan kemampuan. Bisa suatu ketika guru mempunyai komitmen tinggi tetapi kemampuannya kurang mendukung (misalnya keadaan sakit), maka kualitas guru menurun. Sebaliknya bisa saja komitmennya rendah tapi semangatnya tinggi sehingga motivasi yang dilakukan juga tinggi. Peneliti merasa sangat perlu adanya supervisi tentang kegiatan guru karena supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru-guru arahannya seperti tuntutan-tuntutan sekolah di satu pihak sedangkan di pihak guru-guru, di dalam diri mereka ada suatu kemampuan untuk menjalankan atau tidak melaksanakan tuntutan kepala sekolah. Penelitian tindakan dalam bidang supervisi yang penulis gunakan adalah kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan pendekatan klinis. Teknik supervisi yang digunakan adalah kombinasi antara teknik supervisi individual, pertemuan dan pendapat siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan tipe isian. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan melalui 2 siklus. Siklus I dengan supervisi individual, pertemuan formal, pendapat siswa. Siklus ke II supervisi individual, pertemuan formal dan pendapat siswa. Keberhasilan yang dicapai adalah meningkatnya kemampuan guru-guru dari awalnya rata-rata hanya mencapai 74,12, pada siklus I telah meningkat menjadi 81,87 dan pada siklus ke II meningkat menjadi 94,37. Inovasi lain yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menghitung signifikansi keberhasilan dengan teknik uji signifikansi.

References

Ali Imron, 1995. Pembinaan Guru Indonesia, Penerbit Pustaka Jaya: Malang.

Ali, Muhammad, 1983, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Penerbit Sinar Baru: Bandung.

Arikunto, Suharsini, 1992, Prosedur Penelitian, PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Aziz Hoesein, Abdul, 1995, Karya Tulis Ilmiah Dibidang Pendidikan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dantes, Nyoman, 2000, Peningkatan Pembangunan Pendidikan Menyongsong Otonomi Daerah, PGRI Pengurus Daerah Tingkat I Bali.

Depdiknas, 2008. Kompetensi Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas, 2008. Perangkat Pembelajaran KTSP. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA.

Depdiknas, 2008. Perangkat Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jenderal Manjemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Depdiknas, 2008. Perangkat Penilaian. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA.

Depdiknas, 2009. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Menusia.

Faizal, Sanafiah dan Mulyadi Guntur Waroso. 1982. Metodologi PEnelitian Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Hendiyat Soetopo & Wasty Soemanto, 1988, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, PT. Bina Aksara Jakarta.

Ine I. YouSMPa & Zainal Arifin, 1993, Penelitian dan Statistik Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara: Jakarta.

Kartini Kartono, 1992, Psikologi Wanita, Jilid I, CV. Mandar Maju: Bandung.

Kusmintardjo & H. Burhanuddin, 1998, Dasar-dasar Managemen II (Kepemimpinan), Direktorat Pendidikan Menengah Umum: Jakarta.

Tamrin. 2017. Pengaruh Penerapan Supervisi Akademik Berbasis Modeling Inspiratif Terhadap Peningkatan Kemampuan MengajarGuru SDGugus IVKecamatan MakassarKota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu KependidikanVol,1. No,2. Tahun 2017.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Agung Wahyuni, A. A. I. (2020). Peningkatan Efektivitas Guru Dalam Melakukan Penilaian Hasil Belajar Melalui Pendekatan Ilmiah Dan Pendekatan Klinis Dengan Supervisi Pengajaran. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30195

Issue

Section

Articles