Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Metode Study Kasus Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Gusti Ayu Warniti SMP Negeri 2 Blahbatuh

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30197

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Blahbatuh pada semester I tahun pelajaran 2019/2020melalui penggunaan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode study kasus dalam proses pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini penggambaran secara lengkap dapat dijabarkan sebagai berikut: hasil yang diperoleh pada awalnya 68,42 dengan ketuntasn belajar hanya mencapai 31,57%, pada siklus I meningkat menjadi 73,55 dengan ketuntasan belajar mencapai 73,68% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,52 dengan ketuntasan belajar mencapai 92,10%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Blahbatuh pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode study kasus

References

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Charuer, Kathy, dkk. 2005. Permainan Berbasis Sentra Pembelajaran. Beltsuillee, MD 20705: Translation Copyright 2005 by Penerbit Erlangga.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas, 2003c. Sistem Penilaian Kelas SD, SMP, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.

Depdiknas. 2002. Direct Instruction. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hartinah DS, Haji Sitti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama.

Murjani, Ni made Sri. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol.3 (3) pp. 264-270.

Pritandhari, Meyta. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro Volume 5 Nomor 1.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Warniti, G. A. (2020). Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Metode Study Kasus Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30197

Issue

Section

Articles