Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dengan Media Audio Visual

Ni Ketut Suantari

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas VIII A SMP melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media audio visual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP yang berjumlah 34 orang dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas VIII A SMP pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 66,76, siklus I meningkat menjadi 73,82 pada siklus II menjadi 83,82. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 38,23%, pada siklus I meningkat menjadi 67,64% dan pada siklus II menjadi 94,11%.  


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Budiadnyana, Putu. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Bermodul yang Berwawasan SMK Terhadap Prestasi belajar Biologi (Eksperimen pada Siswa Kelas II SMA di Singaraja). Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

Mubarok, H., & Sofiana, N. (2017). Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) and Reading Motivation: Examining The Effect on Students’ Reading Ability. Lingua Cultura, 11(2), 121-127.

Saputri, Nia Manunggal. 2016. Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 4 Nomor 2.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukidi. 2017. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI.IPS.1 SMAN 2 Mejayan pada Materi Fenomena Biosfer dan Persebaran Hewan Tumbuhan melalui Desain Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Konseling dan Pendidikan Volume 5 Nomor 1.

Uno, H. B. Dkk. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30198

Article Metrics

Abstract view : 327 times
PDF file view : 255 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.