Penerapan Model Pembelajaran Sq3r (Survey, Question, Read, Recite, Review) Dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Authors

  • Ni Made Sidri SMP Negeri 2 Blahbatuh

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30200

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP kelas IX H yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX H pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan media audio visual. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya hanya mencapai rata-rata 67,35 dan ketuntasan belajar 35,29%, pada siklus I meningkat menjadi 74,70 dengan ketuntasan belajar 61,76% dan pada Siklus II meningkat menjadi 81,61 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX H SMP pada semester II tahun pelajaran 2018/2019.

References

Agung, A. A. Gede. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Anastasi, Anne. 1976. Psychological Testing. Fifth Edition.New York: Macmillan Publishing Co., Inc.

Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill.

Asikin dan Pujiadi. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 37, NO. 1, Juni 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Bahasa Indonesia SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Berbantuan Cd Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Semarang. FMIPA Unnes.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Buchori, 2012. Artikel Hasil Penelitian. Pengaruh Model Pembelajaran Bahasa Indonesia SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Berbantuan Software GeogebraTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMA. Fakultas Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Semarang.

Fitri, Setyorini. 2011. Penerapan SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN Ketawanggede 2 Malang. Skripsi. Program Studi S1 PGSD Universitas Negeri Malang.

Karmawan, Gede Yogi. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Ilmu PGSD Undiksha Volume 4 Nomor 1.

Rahman, B. 2009. Skripsi.Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Konvensional. FPMIPA UPI. Bandung.

Rahmawati, Aulia. 2016. Penerapan SQ3R Berbantunan Reka Cerita Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Sidri, N. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Sq3r (Survey, Question, Read, Recite, Review) Dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30200

Issue

Section

Articles