Penggunaan Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn

Authors

  • I Made Wirata Wiyadnyana SD Negeri 4 Sidan

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30201

Abstract

Tujuan melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI pada semester II. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 4 Sidan. Cara yang dilakukan adalah menambah gaya pembelajaran lama yang konvensional menjadi cara pembelajaran baru yang bersifat penemuan menggunakan Metode Pembelajaran Learning starts with a question. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data hasil penelitian digunakan tes prestasi belajar dan untuk menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakkukan terjadi peningkatan dari data awal dengan rata-rata 69.75, ketuntasan belajar 35%. Pada siklus I rata-ratanya 74,75 meningkat menjadi 81,5 pada siklus II dengan ketuntasan belajar 100%. Dengan demikian dapat disampaikan simpulan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Learning starts with a question dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas VI SD Negeri 4 Sidan Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2002. Contextual Teaching And Learning. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Penjaminan Mutu Pendidik.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2008. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Haryadi, Dheni Nur dan Sri Nurhayati. 2016. Penerapan Model Learning Start With A Question Berpendekatan Icare Pada Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 9, No. 2, 2015, hlm 1528 - 1537.

Purnamasari, Komang Nia. 2016. Penerapan Strategi Learning Start With A Question (LSQ) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X-7 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE) Volume: 7 Nomor: 2.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Wirata Wiyadnyana, I. M. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30201

Issue

Section

Articles