Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30692Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran discovery pada siswa kelas VII semester I SMP Negeri 2 Payangan tahun ajaran 2019/2020. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payangan tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi/observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instumennya berupa hasil tes belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kompetensi pengetahuan siswa. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar adalah 75,58 dengan persentase ketuntasan 64,7 % dari 32 siswa. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata hasil belajar 83,53 dan persentase ketuntasan 88,2% dari 32 siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII semester I SMP Negeri 2 Payangan Tahun Pelajaran 2019/2020.References
Agung, A.A. Gede. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri.
Agus N. Cahyo. 2013. Discovery Learning. Diakses pada tanggal 13 Oktober 2019 dari http://repository.unpas.ac.id/6257/
Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Aditya Media.
Depdiknas. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2004 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Drajat, Jiwandana, 2013. Penggunaan Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Mendalanwangi 01 Wagir-Malang. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2019 dari http: //eprints.umm.ac.id/26963/
Faiq, M. (2014). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). (online). Tersedia:http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2014/06/model-pembelajaran-discovery-learning-kurikulum-2013.html (20 Oktober 2019)
Holmes, Tracy Bicknell and Hoffman, Paul Seth. 2000. Elicit, Engagge, experience, Explore: Discovery Learning In Library Instruction. University of Nebraska - Lincoln, 5(1): 313-322.
Indriani, Dias Septi. 2014. Keefektifan Model Think Pair Share Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS. Journal of Elementary Education 3 (2) (2014)
Muhibbin Syah.2013, Psikologi Pendidikan,Dengan Pendekatan Baru , Bandung PT Remaja Rosdakarya
Paul Suparno. 2007. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Pitajeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Susilowati, Dwi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Edunomika – Vol. 02, No. 01 (Pebruari 2018)
Widayati, Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 – 93.