Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Permainan Sepak Bola Melalui Penggunaan Metode Kontekstual Siswa

Authors

  • I Made Sarka SMK Negeri 1 Bangli

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30931

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bangli pada kelas XII TKJ 2 Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Permainan Sepak Bola siswa kelas XII TKJ 2 Semester I SMK Negeri 1 Bangli. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi untuk mengevaluasi tingkat keterlibatan peserta disik secara mental dan tes prestasi belajar yang digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian keterampilan yang dicapai peserta didik dalam proses pembelajaran. Untuk memaknai data hasil penelitian, data yang telah diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan menyajikan rata-rata, modus, median, dan prosentase ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Permainan Sepak Bola. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya rata-rata 69,00 dengan prosentase ketuntasan belajar 36,11%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I prestasi belajar anak mengalami peningkatan menjadi rata-rata 74,16, dengan ketuntasan belajar 73,33% Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi rata-rata 79,33 dengan ketuntasan belajar mencapai 93,33%. Hasil yang diperoleh pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga penelitian tidak dilanjutkan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Permainan Sepak Bola siswa kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 1 Bangli

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aryana, Wayan. 2003. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar PERMAINAN SEPAK BOLA pada Siswa SMK Negeri 1 Denpasar.Ringkasan Hasil Penelitian yang Disampaikan dalam Seminar Hasil Penelitian Dosen Kopwil VIII, Tanggal 22-24 September 2003.

Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendikia.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Depdikbud.1984/1985.Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan: Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdikbud.1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Fernandes, H.J.X. 1984. Testing and Measurement. Jakarta. National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.

Fraenkel, Jack R. and Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. Second Edition. New York: McGraw-Hill, Inc.

Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning.Third Edition. New York: Holt, Reinhart and Winston.

Putri, Atiko Marta, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Snowball Throwing Untuk Mengembangkan Karakter Komunikatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal Volume 3 Nomor 1.

Sulastri, Ai. 2016. Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 1 No. 1, Desember 2016, hlm. 156-170.

Syarifudin, Aip. 1997. Pendidikan jasmani dan kesehatan I. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2021-01-08

Issue

Section

Articles