Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Pada Tema Indahnya Kebersamaan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30932Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Abianbase di kelas IV yang kemampuan siswanya memahami materi mata pelajaran PKN masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 68,33, pada siklus I menjadi 73,61 dan pada siklus II menjadi 78,33. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas IV Semester I SD Negeri 3 AbianbaseReferences
A'la, Miftahul. 2011. Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Press.
Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi.2006. Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmani, Jamal Ma'mur. 2010. Tips Menjadi Guru Inspiratif, kreatif, dan Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Depdikbud. 1996. Petunjuk Teknis Mata Pelajaran IPS-Sejarah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Depdikbud.1984/1985.Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan: Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Depdikbud.1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Depdiknas, 2011. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah. Pertama. Jakarta: Dirjend Dikdasmen.
Depdiknas.2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.
Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Fernandes, H.J.X. 1984. Testing and Measurement. Jakarta. National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development.
Fraenkel, Jack R. and Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. Second Edition. New York: McGraw-Hill, Inc.
Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning.Third Edition. New York: Holt, Reinhart and Winston.
Gay, L. R. 1987. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Seventh Edition. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company.
Hadi, Amirul & Haryono, H. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka. Setia.
Khotimah, Evita Nur dan Dede Nuraida. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi. Proceeding Biology Education ConferenceVolume 15, Nomor 1 Halaman 159 – 164.
Meilani, Rima dan Nani Sutarni. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol.1 No.1, Agustus 2016, Hal. 176-187.
Slavin, Robert E. 1994. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. [terjemahan]. Bandung: Nusa Media.