Penggunaan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30934Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 7 Gianyar di kelas V yang kemampuan siswanya untuk pelajaran PKN cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas V ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 69,16, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,58 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78,75. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas V SD Negeri 7 GianyarReferences
Alien, Deborah E. et al- 1996.The Power of SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) in Teaching Introductory Science Courses.Jossey-Boss Publisher.
Amien, Moh. 1996. Perkembangan Intelektual Siswa SMP. Jurnal IlmuPendidikan.Jilid3 No. 4. Jakarta : LPTK dan ISPI.
Anom. 2000. Profesionalisme Guru Fisika dalam Menghadapi Tantangan Era Global.Makalah. Disampaikan pada seminar dalam rangka HUT ke-36 Jurusan FisikaSTKIP Singaraja pada 1 hari Minggu 5 Nopember 2000.
Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill
Arief Furchan. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Pustaka Belajar: Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 1995. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Atikah, Iis, dkk. 2017. Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dengan Permainan “Pos Pelangi” Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Isi Cerita Anak Yang Dibaca. Jurnal Pena Ilmiah: Vol.2, No1.
Azwar, Saifuddin. 2001. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan. Penelitian dan Pengembangan.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Suwarni, dkk. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prgram Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi: Jurnal Pendidikan Volume 13 Nomor 1.