Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Tema Keluargaku Siswa

Authors

  • Supartiyani Supartiyani SD Negeri 1 Pejeng

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30935

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 Mawar Semester II SD Negeri 1 Pejeng Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 33 orang yang prestasi belajar siswa yang secara umum masih belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah untuk mata pelajaran PKN yaitu 70,00. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanana tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali tatap muka untuk setiap siklus. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan mengunakan tes prestasi belajar sesudah diberikan pembelajaran melalui model inkuiri terbimbing untuk melatih pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PKN untuk melatih pemahaman konsep siswa melalui inkuiri terbimbing. Pada siklus I diperoleh nilai rata kelas 69,69 dengan ketuntasan belajar sebesarĀ  69,69%. Pada siklus II perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 76,51 dengan ketuntasan belajar sebesar 96,96%. Jadi dari siklus ke siklus pembelajaran mengalami peningkatan sesuai dengan target pencapaian kurikulum yaitu ketuntasan belajar secara klasikal 85% dengan nilai minimal sebesar 70,00. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan menggunakan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas 1 Mawar SD Negeri 1 Pejeng.

References

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi .2006. Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azizahwati, 2009. Jurnal Geliga Sains 3. Penerapan Strategi Mastery Learning untuk Mendeskripsikan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNRI pada Mata Kuliah Fisika Matematika I. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Riau.

Azwar Syaiful. 1988. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogjakarta. Pustaka Pelajar.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya; Insan Cendekia.

Degeng, I Nyoman S. 2005. Teori Pembelajaran I. Malang. Universitas Kanjuruhan

Depdiknas, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. 2008.

Iswatum, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Volume 3 Nomor 2.

Kunandar. 2009. Edl. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.

Munatri, Septi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan Volume 4 Nomor 1.

Murningsih, Ira Maya Tri, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Volume 2 Nomor 2.

Ngalim Purwanto. M, 2003, Ilmu Pendidikan Teori dan Praktik, Bandung: Remaja RoSDakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhardjono. 2010. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia.

Downloads

Published

2021-01-08

How to Cite

Supartiyani, S. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Tema Keluargaku Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30935

Issue

Section

Articles