Melalui Model Pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning) Dengan Metode Diskusi Kelompok Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Tema Manusia dan Lingkungan Pada Siswa

Gusti Nyoman Sujana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar belajar PKN siswa kelas V SD Negeri 2 Petak Kaja melalui penerapan Inquiry Based Learning (IBL) dengan berbasis metode diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus tindakan.Tahapan-tahapan dalam setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, obeservasi/ evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Petak Kaja Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 13 orang laki- laki dan 17 orang perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan pemberian tes. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) dengan berbasis metode diskusi kelompok dalam pembelajaran PKN pada siswa kelas V SD Negeri 2 Petak Kaja Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020, dapat meningkatkan hasil belajar PKN. Hal ini dapat dilihat dari terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar PKN yaitu pada awal pembelajaran 68,66 dengan prosentase ketuntasan 43,33%, siklus I sebesar 73,66 dengan ketuntasan belajar klasikal 66,66%, sedangkan skor rata-rata hasil belajar PKN pada siklus II yaitu sebesar 79,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 96,66%.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning. Third Edition. New York: Holt, Reinhart and Winston.

Good, Thomas L. & Jere E. Brophy. 1990. Educational Psychology, A Realistic Approach. New York: Longman.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Herrhyanto, Nar dan Hamid, Akib. 2006. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Nurjanah, Nunung. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dan Operasi Bilangan Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi Volume 3 Nomor 2.

Rosita, Laili dan Nuranisa. 2019. Penerapan Model Pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Geografi. Jurnal Swarnabhumi Volume 4 Nomor 1.

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman Samarinda.2, (2), 68-73.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30936

Article Metrics

Abstract view : 513 times
PDF file view : 1954 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.