Meningkatkan Kinerja Guru-Guru Dalam Membuat Evaluasi Proses Pembelajaran Secara Daring Melalui Penerapan Pendekatan Ilmiah Dengan Supervisi Pengajaran
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30937Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Tulikup pada semester II tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan pelaksanaan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru-guru SD Negeri 3 Tulikup dalam melaksanakan evaluasi proses pembelajaran Menggunakan kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan supervisi pengajaran. Metode pengumpulan datanya adalah observasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan supervisi pengajaran dapat meningkatkan kompetensi Penelitian tindakan dalam bidang supervisi yang penulis gunakan adalah kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan supervisi pengajaran. Teknik supervisi yang digunakan adalah kombinasi antara kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan supervisi pengajaran, pertemuan dan pendapat siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan tipe isian. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan melalui 2 siklus. Siklus I dengan kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan supervisi pengajaran. Siklus ke II kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan supervisi pengajaran. Keberhasilan yang dicapai adalah meningkatnya kemampuan guru-guru dari awalnya rata-rata hanya mencapai 73,6, pada siklus I telah meningkat menjadi 80,00 dan pada siklus ke II meningkat menjadi 92,7. Inovasi lain yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menghitung signifikansi keberhasilan dengan teknik uji signifikansiReferences
Ali, Muhammad, 1983, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Penerbit Sinar Baru: Bandung.
Arikunto, Suharsini, 1992. Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Depdiknas, 2008. Kompetensi Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.
Depdiknas, 2009. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Menusia.
Harianto, Mawardi Slamat, dkk. 2015. Pelaksanaan Supervisi Pengajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru Di SMA Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Pp 128-137.
Hendiyat Soetopo & Wasty Soemanto, 1988. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta; PT. Bina Aksara.
Ine I. Yousda & Zainal Arifin, 1993. Penelitian dan Statistik Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Mahfud Shalahuddin. 1991. Pengantar Psikologi Umum. Surabaya; Penerbit PT. Bina Ilmu.
Margono, S. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit Rineka Cipta: Jakarta.
Ngalim Purwanto. 1998. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Penerbit Remaja Rosda Karya: Bandung.
Putri, Maya, dkk. 2016. Pelaksanaan Supervisi Pengajaran Dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 5 Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 4 Nomor 3.