Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dengan Diskusi Kelompok
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30938Abstract
Dengan penerapan pendekatan Saintifik kemampuan guru mengajar dari siklus awal rata-rata 75,00 belum tercapai. Pada siklus I Kemampuan guru mengajar meningkat dibandingkan dengan siklus I yaitu dari 75,88 menjadi 83,33, dari cukup menjadi aktif. Skor maksimum ideal tercapai 77,77%, indikator keberhasilan tercapai. Pada Siklus II Rata-rata kemampuan guru pada siklus II meningkat dari 83,33 menjadi 91,44 dalam kategori aktif. Skor maksimum ideal tercapai 100% dan lebih dari 85%, indikator keberhasilan penelitian tercapai. Kesimpulannya: Pendekatan Saintifik dengan diskusi kelompok terfokus dapat meningkatkan kemampuan guru dalam proses belajar-mengajar. Tingkat aktivitas siswa yang diajar oleh guru menggunakan metode pendekatan Saintifik di SMK Negeri 1 Busungbiu, terkategori tinggi.Tingkat keberhasilan siswa yang diajar oleh guru menggunakan pendekatan Saintifik, terkategori baikReferences
Depdiknas. 2008. Pedoman Pendampingan Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research), Jakarta: Depdiknas
Indriyanti, dkk. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas Vsekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. II No. IIJuni2017, hlm. 13-25.
Nurkolis, 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: PT. Grasindo.
Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Toeri Model dan Aplikasi. Jakarta: PT. Grasindo
Sahertian Piet & Ida Aleda Sahertian. 1992. Supervise Pendidikan Dalam Rangka Program Inservise Education. Jakarta: Rineka Cipta.
Slamet, PH. 2004. MBS, Life Skill, KBK, CTL dan Saling Keterkaitannya. Makalah yang Disampaikan pada Semiloka DBEP di NTB dan Bali.
Sudijono, Anas. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sujanto, Bejo. 2007. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: CV. Sagung Seto.
Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia
Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja RoSMKa Karya.
Suryabrata, Sumadi. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi.
Thursby, Peter M. 1981. Review of Some Literature Related to the Practicum in Teacher Education. Sidney: Alexander Mac Kie College of Advance Education.
Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gutamedia Press.
Tim Redaksi Rokusmedit. 2006. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan. Bandung: Fokus Media.
Tjokroamidjoyo, Bintaro. 2001. Good Guvernmence (Paradigma Baru Manajemen Pembangunan). Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.
Umaedi, 1999. Menajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Derektorat Pendidikan Menengah Umum
Umaedi, Hadiyanto, Siswantari. 2007. Manajemn Berbasis Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Umaedi. 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Wadsworth, Yoland. 1993. Everyday Evaluation on the Run. 2nd Edition. Sydney, Allen & Unwin.
Wahyuni, Sri Endah. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Metode Diskusi Kelompokuntuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Materi Menghargai Perjuangan Para Tokoh Dalam Mempertahankan Kemerdekaan. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 9, No 1, Maret 2017: 35-41.