Meningkatkan Prestasi Belajar Matematikan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Siswa

I Wayan Widhana

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Bitera di kelas VI yang kemampuan siswanya untuk Mata pelajaran Matematika cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Problem Based Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 68,12, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 71,56 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 81,56. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Bitera

Full Text:

PDF

References


Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Dewi, Dewa Ayu Desinta Ratna, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction disertai Metode Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 6 No. 1.

Jihad. A Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Komariyah, N, et al. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kalor Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 02 No. 03 : 246-250.

Kristianingih, S.E, et al. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.Vol. 6 No.1: 10- 13.

Latifa, et al. 2015. Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Disertai Video Demosntrasi Fisika Pada Pembelajaran Fisika Sma (Studi Kelas X MIA MAN 1 Jember). Jurnal Pendidikan Fisika. 4 (3): 230-235.

Lisalamah, A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction disertai Strategi Guide Note Taking Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X di SMA Negeri Arjasa. Jurnal Pendidikan Fisika. 4 (1): 9-14

Listiowati, Ayu Dewi dan Antonius Tri Widodo. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 7, No. 2.

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit: Kencana.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya. Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30940

Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF file view : 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.