Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Dengan Metode Diskusi Kelompok Kecil Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Siswa

Ida Ayu Made Giri Putri

Abstract


Agar pengetahuan dapat dimanfaatkan anak dalam kehidupan sehari-hari Seluruh aktivitas yang dilakukan siswa dalam pembelajaran diarahkan untuk mencari dan menemukan sendiri dari sesuatu yang dipelajari untuk dapat berguna dan bermakna bagi kehidupan dalam tumbuh kembang siswa, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan mewawas diri sehingga dapat meningkatkan prestasi  siswa. oleh karena itu tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas VI di SD Negeri 2 Siangan pada Semester II tahun pelajaran 2017/2018 adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. penelitian tindakan kelas ini melibatkan siswa kelas VI sebagai subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 67,81 meningkat menjadi 72,81 pada siklus I danmeningkat menjadi 80,93 pada skilus II, dengan ketuntasan belajar awal 37,50% pada siklus I meningkat menjadi 68,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75%. simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model pembelajaran Index Card Match dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas VI SD Negeri 2 Siangan

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti, dkk. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Siswa Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan SD dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Charuer, Kathy, dkk. 2005. Permainan Berbasis Sentra Pembelajaran. Beltsuillee, MD 20705: Translation Copyright 2005 by Penerbit Erlangga.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas, 2003c.Sistem Penilaian Kelas SD, SMP, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.

Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas. 2009. Supervisi Akademik. Jakarta. Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Fua, Jumarddin La dan Arifin. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB Pada Mata Pelajaran IPA di SDN 1 Talaga Besar Kec. Talaga Rayakab Buton Tengah. Jurnal Pemikiran Islam Volume 3 Nomor 1.

Yuniantika, Defi. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD N Wirokerten Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, Nomor 2, Januari 2018,hlm. 347-352.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30941

Article Metrics

Abstract view : 147 times
PDF file view : 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.