Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Pada Siswa

Authors

  • Made Suparmini SD Negeri 1 Busungbiu

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30942

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar penjasorkes melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Busungbiu semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar penjasorkes. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran penjasorkes melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas VI semester II tahun pelajaran 2017/2018 dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi perbedaan hasil belajar antara siklus I (jumlah 2225, rata-rata 74, daya serap 74%, ketuntasan belajar 77%) dan siklus II (jumlah 2425, rata-rata 81, daya serap 81%, ketuntasan belajar 100%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 7% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 23%. Kesimpulan penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Busungbiu semester II tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes

References

BNSP. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Darwyn Syah. (2007). Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Gaung Persada Press.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: Rineka Cipta.

Hasibuan, J.J. & Moedjiono (2002). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ila Esmi. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Senam Dasar Siswa Dengan Menggunakan Metode Demontrasi di kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 16 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi (tidak diterbitkan). Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Khadijah. 2013. Belajar Dan Pembelajaran, Medan: Cita Pustaka Media

Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Muhibbin Syah. 2002. Psikologi Pendidikan Dalam Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution. 2012. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Nurmawati. 2014. Evaluasi Pendidikan Islam.Bandung: Citapustaka Media.

Rosdiana A. Bakar. 2009, Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Downloads

Published

2021-01-08

How to Cite

Suparmini, M. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30942

Issue

Section

Articles