Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30943Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sekumpul semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 19 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar Matematika. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2019/2020 dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi perbedaan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1175, rata-rata 62, daya serap 62%, ketuntasan belajar 58%) dan siklus II (jumlah 1290, rata-rata 68, daya serap 68%, ketuntasan belajar 95%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 6% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 37%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sekumpul semester I tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar Matematika.
References
Abdurrahman, M. 1995. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Agung, A. A. G (ed.). 2010. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Ainurrahman. 2009. Strategi Dalam Pembelajaran. Jakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Artiasih, Ni Made. 2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Padangbulia semester II tahun pelajaran 2016/2017. PTK. Padangbulia: SD Negeri 1 Padangbulia.
Darna, Made. 2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 3 Gitgit semester II tahun pelajaran 2016/2017. PTK. Gitgit: SD Negeri 3 Gitgit.
Dimyanti, Moedjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Uni....ersitas Negeri Surabaya.
Nurkancana, Wayan, dan Sunartana, P.P.N. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Rasmini, Ni Luh. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD). Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas.
Slavin, R. E. 1995. Cooperative learning. Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi.
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suladri, Ketut. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas VI SD No. 1 Panji Anom Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. PTK. Panji Anom: SD no. 1 Panji Anom
Surya. 2003. Hasil Belajar. Tersedia pada http//www.google.co.id/search. (diakses tanggal 20 Juli 2017)
Widyantini. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika.
Widyantini. 2008. Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika.
Witiasih, Ni Made. 2015. Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I di Sekolah Dasar Negeri 1 Tenganan Tahun Pelajaran 2015/2016. PTK. Tenganan: SD Negeri 1 Tenganan.
Zainul, Asmawi dan Mulyana, Agus. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.