Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30944Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi operasi hitung pecahan melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V SD 2 Gondangmanis Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan, ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 73,33%, kemudian pada siklus II sebesar 86,67%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73,62% pada siklus II sebesar 90,97%. Hal ini telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan peneliti yaitu ketuntasan klasikal ≥80% dengan ketuntasan individu ≥65 (KKM). Simpulan dari penelitian adalah pembelajaran Matematika melalui model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswaReferences
Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Depdiknas. 2006. Permendiknas 2006 Tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
Djamarah, Syaiful Bahri.2008. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Rifa’i, Ahmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.
Rusman, 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.