Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Materi Sistem Pemerintahan Desa Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Dengan Media Visual Pada Siswa

Authors

  • Purwanti1 Purwanti SD 2 Garung Kidul Kaliwungu Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30950

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi sistem pemerintahan desa melalui model pembelajaran team assisted individualization dengan media visual pada siswa kelas IV SD 2 Garung Kidul semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran melalui model Team Assisted Individualization dengan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase ketuntasan belajar klasikal siswa meningkat pada siklus I sebesar 65,22% kemudian siklus II meningkat menjadi 86,96%. Aktivitas siswa pada siklus I rata-rata persentase sebesar 72,28% meningkat pada siklus II menjadi 89,02%. Hal ini telah mencapai indikator keberhasilan hasil belajar siswa yang telah ditentukan peneliti yaitu ketuntasan klasikal sekurang-kurangnya 80% dengan ketuntasan individu ≥75 (KKM). Simpulan penelitian yaitu melalui model Team Assisted Individualization dengan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi sistem pemerintahan desa melalui model pembelajaran team assisted individualization dengan media visual pada siswa kelas IV SD 2 Garung Kidul semester I Tahun Pelajaran 2017/2018.

References

Anitah, Sri. 2010. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aryani, Ine Kusuma dan Susantim, Markum. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor: Ghalia Indonesia

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Poerwanti, Endang. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Dirjen Dikti. BSNP

Ruminiati, 2008. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sharan, Shlomo. 2012. The Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta : Familia.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2021-01-08

How to Cite

Purwanti, P. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Materi Sistem Pemerintahan Desa Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Dengan Media Visual Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30950

Issue

Section

Articles