Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Materi Pemerintahan Kabupaten Dan Kota Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Siswa

Authors

  • Sutinem Sutinem SD 7 Bulungcangkring Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30951

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi pemerintahan kabupaten dan kota melalui model pembelajaran problem based instruction pada siswa kelas IV SD 7 Bulungcangkring Kudus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 14,93 dengan persentase 74,65% (sedang), siklus II meningkat menjadi 18,10 dengan persentase 90,52% (sangat tinggi). Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas 78,97 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 75,86%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas yang dicapai siswa 84,66 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 89,66%. Simpulan penelitian yaitu penerapan model pembelajaran problem based instruction terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi pemerintahan kabupaten dan kota pada siswa kelas IV SD 7 Bulungcangkring Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018

References

Aryani, Kusuma Ine dan Markum Susatim. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan berbasis nilai. Bogor: Ghalia Indonesia.

Budiningsih, C. Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BSNP.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Poerwanti, Endang. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Dirjen Dikti. BSNP

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: PRESTASI PUSTAKA

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2021-01-08

Issue

Section

Articles