Pengaruh Model Pembelajaran Core Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Authors

  • Komang Juli Astari PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Nyoman Sudana PGSD Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30953

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sawan 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent post-test only group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sawan yang berjumlah 174 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V di SD Negeri 1 Sinabun yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD Negeri 1 Suwug yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar IPA. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap yaitu, dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui uji-t. Berdasarkan perhitungan Uji-t diperoleh thitung > ttabel  (6,13 > 2,01). Kemudian, berdasarkan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperimen adalah 22,25. Sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol adalah 16,67. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CORE berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sawan 2019/2020

References

Ekayani, L. S., Kusmariyatni, K., & Murda, I. N. (2019). Pengaruh Model Connecting Organizing Reflecting Extending Berbantuan Audio Visual Terhadap Pemahaman dan Berpikir Kristis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(1), 22-31.

Kartika, N. M. D., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha. 5(2).

Samatowa. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Santi, V. P., Abdat, C. H.,& Mahmudah, U. (2017). Pengembangan Panduan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling, 5(2).

Siregar, N. A. R., Deniyanti, P., & EI Hakim, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. JPPM Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1).

Subarjo, M. D. P., Sudhita, I. W. R., & Suarjana, I. M. (2014). Pengaruh model CORE terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V di gugus I Nakula Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Widura, I. D. G. S. (2018). PENGARUH MODEL CORE BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3).

Downloads

Published

2021-01-08

How to Cite

Astari, K. J., Japa, I. G. N., & Sudana, D. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Core Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30953

Issue

Section

Articles